388 JCH Palas Berangkat ke Tanah Suci

Senin, 13 Agustus 2018 / 05.13
Jamaah calon haji saat tiba di Asrama Haji Medan.
MEDAN, KMC - Jamaah calon haji (jch) klompok terbang (kloter) 21/MES yang berjumlah 388 orang dari Padang Lawas (Palas) berangkat menuju tanah suci, Senin (13/8/2018).

Sebelumnya, Bupati Kabupaten Palas H Ali Sutan Harahap melepas keberangkatan ratusan jamaah yang kebanyakan lanjut usia (lansia) ini di Lapangan Merdeka Sibuhuan, Sabtu lalu (11/8). Pemerintah melepas keberangkatan untuk dua kloter secara bersamaan, yakni kloter 21 dan 22.

Sementara jamaah kloter 21 tiba di Asrama Haji, Minggu (12/8). Selanjutnya jamaah ke Kuala Namu International Airport (KNIA) untuk melanjutkan perjalanan ke Madinah, Senin (13/8). Sedangkan jamaah calhaj Palas di kloter 22 dijadwalkan tiba di Asrama Haji, Selasa (14/8) dan berangkat ke tanah suci, Rabu (15/8).

Menurut Muhammad Ibrahim SAg, Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), jamaah kloter 21 berjumlah 388 orang ditambah dengan 5 petugas. Di kloter ini, jamaah termuda atas nama Fauzan Tsani Al Hakimi Bin Rohyan, usia 21 tahun, beralamat di Lingkungan IV, Pasar Sibuhuan Padang Lawas. Sedangkan jamaah tertua atas nama Samsuddin Malim Marif Pasaribu Bin Malim Marif Pasaribu, 79 tahun, beralamat di Mangis Sosa/Hutaraja Padang Lawas.

Ibrahim menyebutkan, warga Palas yang berangkat melaksanakan ibadah haji di tahun 2018 berjumlah 419 orang dan terdaftar di 2 kloter, yakni kloter 21 dan 22. Lalu ditambah 5 petugas yang terdiri dari 2 petugas daerah, ditambah 1 petugas haji dan 2 petugas tenaga kesehatan.

Namun 1 jamaah dikabarkan sakit, sehingga jamaah yang berangkat berjumlah 418 orang ditambah 5 petugas. "Di Kloter 21, jamaah calhaj Palas yang berangkat jumlahnya 388 orang. Sedangkan di kloter 22, ada 30 jamaah. Kabar terakhir yang kami terima, ada satu jamaah yang batal berangkat karena sakit,"paparnya pada awak media, Senin (13/8/2018).

Sebelum pelepasan jamaah, lanjut Ibrahim, bupati melakukan tepung tawar sekaligus pada calhaj Kloter 21 sebanyak 391orang dan kloter 22 sebanyak 30 orang.
"Selain mendoakan para calhaj, termasuk memberi bingkisan, bupati juga meminta agar jamaah nanti memohon doa untuk Kabupaten Palas menjadi daerah yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,"ujar Ibrahim.

Dia berharap, agar jamaah menjaga kesehatan selama melaksanakan ibadah di tanah suci. Ditambah lagi kondisi cuaca panas, jamaah diminta banyak mengonsumsi air dan mengurangi kegiatan di luar selain melaksanakan kegiatan ibadah haji.
"Kita berharap jamaah menjaga kesehatan dan banyak mengonsumsi air. Semoga nantinya jamaah sehat-sehat dan selamat sampai tujuan,"harapnya. (mr/riz)
Komentar Anda

Terkini