Rajin Salat Tahajud, Resep Sehat Nek Gelang Jamaah Tertua Asal Palas

Senin, 13 Agustus 2018 / 05.08
Nek Gelang bersama putrinya, Doriaman Br Harahap.
MEDAN, KMC - Wajah dan tubuhnya tampak renta, namun wanita tua tampak sehat. Meski agak tertatih, tapi langkahnya mantap tanpa menggunakan tongkat. Bicara dan pendengarannya juga masih sangat bagus, meski usianya sudah 85 tahun.

Ya, inilah Nek Gelang. Jamaah tertua asal Padang Lawas (Palas) di klompok terbang (kloter) 21 Embarkasi Medan. Bernama lengkap Gelang Binti Mangarajalelo, wajah penduduk Kampung Siabung, Kecamatan Huta Raja Tinggi, Palas ini tampak bahagia. Senyumnya tak pernah lepas.

Apa rahasia sehatnya Nek? Tanya seorang petugas medis saat awak media ini mewawancarai Nek Gelang di Asrama Haji Medan, Minggu (12/8/2018). "Banyak solat tahajud,"katanya sumringah.

Nek Gelang mengaku, selain melaksanakan solat wajib 5 waktu, dia juga rajin solat sunat termasuk solat duha dan tahajud. "Kalau malam solat tahajudnya sampai 3 kali, bahkan lebih,"ucapnya.
Selain itu, resep sehat Nek Gelang banyak mengonsumsi sayur dan masakan rumah. "Saya gak suka makanan di luar atau jajan gitu. Suka makan sayur,"kata nenek yang memiliki 17 cucu dari 6 anaknya ini.

Kesehariannya, Nek Gelang berjualan sayur di Pasar Panyabungan. Hidupnya tetap sederhana dan mandiri, meski anak-anaknya telah dewasa dan mampu menopang hidupnya.
"Sejak anak-anak masih kecil saya sudah jualan sayur. Sudah puluhan tahun lah,"ujarnya.
Keinginannya melaksanakan ibadah haji muncul setelah sang suami (alm) Sutan Oloan Harahap meninggal dunia sekitar 30 tahun lalu. Semangat itulah yang membuat Nek Gelang tak ingin larut dalam kesedihan. Dia semakin memacu dirinya agar giat menabung untuk mencapai niatnya ke tanah suci.
Sedikit demi sedikit hasil yang diperolehnya dari berjualan disimpannya. Sekitar tahun 2011, Nek Gelang mendaftar haji dengan membayar kontan biaya keberangkatan ke tanah suci. "Saya daftar langsung bayar kontan,"katanya mengenang dengan senyum yang selalu tersungging di wajah.

Nek Gelang tampak sangat bahagia. Saking bahagianya, saat awak media menyalamnya, Nek Gelang langsung memeluk erat seraya meminta doa agar diberi keselamatan.

Nek Gelang tak sendirian menjalani rukun islam ke 5 ini. Melainkan dia ditemani putrinya, Doriaman Beru Harahap (49). Penuturan Doriaman, sebenarnya jatah keberangkatan ibunya di tahun 2019 karena saat mendaftar dulu di Desember 2011. Sementara Doriaman mendaftar ibadah haji sekitar bulan Mei 2011.
"Tapi karena ibu saya lanjut usia (lansia), keberangkatannya dimajukan tahun ini. Jadi sama dengan saya sebagai pendampingnya,"kata Doriaman. (mr/riz)
Komentar Anda

Terkini