Pengurus PKS Sumut Dirombak, Ketua DPD Tapsel dan Tebing Tinggi Mundur

Jumat, 19 Oktober 2018 / 21.04
Ketua DPD PKS Tapanuli Selatan, H Edi Hasan Nasution Lc.
PADANG SIDEMPUAN, KMC - Soliditas Partai Keadilan Sejahtera (PKS) khususnya di Sumatera Utara sedang menghadapi ujian dan konflik internal, pasca dicopotnya 8 dari 9 pimpinan PKS Sumut pada Rabu (17/10/2018) lalu di Hotel Madani Medan. 

Ketua DPD PKS Tapanuli Selatan, H Edi Hasan Nasution Lc menyatakan mengundurkan diri sebagai ketua umum DPD PKS Tapanuli Selatan. Pengunduran diri ini juga diikuti pengurus lainnya baik di DPD dan DPC. Seperti Ketua Bidang Pemilu dan Pilkada, Murda Ningrat dan Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga Hj Ikhwani Batubara.

Dalam sikap resminya, Edi Hasan menyatakan jika keputusan ini diambil sebagai bentuk protes terhadap tindakan semena-mena DPP PKS. "Saya dan jajaran pengurus menyatakan mundur sebagai bentuk protes terhadap kebijakan DPP yang semena-mena dan tidak mementingkan nasib daerah jelang Pemilu, hal ini juga sangat bertentangan dengan sistem yang biasa dibangun di internal PKS, dan jelas ini seperti operasi bersih-bersih terhadap kelompok tertentu yang belum pasti itu benar karena tidak dilakukan mekanisme organisasi dalam proses pergantian tersebut" ujar Edy Hasan, Jumat (19/10/2018).

Hal sama juga terjadi di DPD PKS Tebing Tinggi yang menyatakan sikap para pengurus periode 2015-2020 menyatakan penunduran diri. Keputusan ini ditandatangani oleh Ketua DPD PKS Kota Tebing Tinggi, Wan Syawal ST.

Informasi terbaru yang diperoleh koran ini, 11 DPD lainnya akan menyusul mengundurkan diri.

Sebelumnya Pengamat Politik USU, Yurial Arif Lubis, mengatakan jika perombakan Pimpinan PKS akan mengganggu kerja mesin partai dan komunikasi politik dielit sumut, karena semua harus dimulai dari awal, sementara tahapan pemilu sudah dimulai.

Untuk diketahui, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS resmi mencopot 8 dari 9 pimpinan Wilayah PKS Sumatra Utara. Pencopotan ini langsung disampaikan oleh Ketua DPP PKS wilda Sumbagut, Tifatul Sembiring, Rabu (17/10) siang, di Hotel Madani Medan. Pencopotan ini juga dilanjutkan dengan pelantikan pimpinan PKS Sumut yang baru.

Dalam pernyataannya, Tifatul sembiring beralasan pergantian ini merupakan dinamika yang wajar dalam mengkalkulasi komposisi yang tepat untuk menghadapi kompetisi Pemilihan Umum Legislatif 2019 mendatang. (mar/riz)
Komentar Anda

Terkini