Tirtanadi Cuci Reservoir IPA, Air Mati di Marelan dan Hamparan Perak

Rabu, 17 Oktober 2018 / 22.48
Instalasi Pengolahan Air di Hamparan Perak.
MEDAN, KMC - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi melakukan pencucian Reservoir di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Hamparan Perak, Jumat (19/10/2018).

"Pengerjaan pencucian Reservoir tersebut dalam rangka menjaga kualitas air yang didistribusikan kepada pelanggan," kata Kepala Sekretaris Perusahaan PDAM Tirtanadi, Jumirin kepada wartawan, Rabu (17/10/2018).

Ia menjelaskan, pencucian Reservoir IPA Hamparan Perak dilaksanakan mulai Jumat pukul 09.00 WIB pagi. Pencucian dilakukan secara bertahap sekat per sekat untuk meminimalkan gangguan pelayanan kepada pelanggan.

“Reservoir IPA Hamparan Perak ada 2 sekat dan dikerjakan secara bergantian agar pelayanan kepada pelanggan tidak terganggu,” ujar Jumirin.

Selama pencucian 2 sekat Reservoir IPA Hamparan Perak ini kapasitas produksi hanya mengalami penurunan sekitar 20 liter/detik. Namun pada saat pencucian ruangan pompa yang direncanakan dikerjakan mulai jam 8 malam, maka IPA Hamparan Perak stop produksi.

Memanfaatkan kondisi yang mengharuskan stop produksi tersebut, pada saat yang sama PDAM Tirtanadi juga melakukan pemasangan Magnetic Flow Meter di pipa transmisi 300 mm jalur air keluar IPA Hamparan Perak.

“Agar gangguan pelayanan tidak berulang maka kami memanfaatkan situasi pencucian reservoir dengan memasang Magnetic Flow Meter 300 mm di IPA Hamparan Perak,” kata Jumirin.

Keseluruhan pekerjaan pencucian Reservoir dan pemasangan Magnetic Flow Meter tersebut diperkirakan selesai pada jam 2 pagi, Sabtu (20/10/2018).

Akibat penurunan produksi IPA Hamparan Perak yang disebabkan pencucian sekat Reservoir di pagi sampai sore Jumat (19/10/2018) maupun akibat stop produksi IPA Hamparan Perak yang disebabkan pencucian ruangan pompa dan pemasangan Magnetic Flow Meter pada Jumat malam Sabtu, mengakibatkan gangguan pendistribusian air di beberapa wilayah pelayanan Cabang Belawan maupun Cabang Medan Labuhan.

Adapun wilayah yang mengalami gangguan baik kualitas, kuantitas maupun kontinutas sebagai berikut : Jl. Hamparan Perak sekitarnya, Perumahan Griya Marelan, Jl. Young Panah Hijau, Gang Wakaf, Gang Pasar Nippon, Jl. Titi Pahlawan, Gang Titit Manaf, Jl. Babul Ridho, Gang Bengkel, Lorong Sekolah, Gang Ikhlas, Jl. Pembantu Walikota Lingkungan 3 dan 4, Jl. Abdul Sani Mutalib sekitarnya, Jl. Marelan Raya.

Jumirin juga menginformasikan bahwa IPA Hamparan akan beroperasi kembali pada dinihari Sabtu (20/10/2018). Namun karena pengisian pipa dan pemerataan tekanan memerlukan waktu lama, maka pendistribusian air kepada pelanggan baru akan normal pada siang hingga sore Sabtu (20/10/2018).

“Kami mohon maaf atas gangguan ini, ini harus kami lakukan untuk menjaga kualitas air kepada pelanggan. Pelanggan kami yang mengalami gangguan air dapat menyampaikan keluhannya ke Cabang terkait atau melalui Halo Tirtanadi ke nomor 1500922,” tutup Jumirin. (mar/rel)
Komentar Anda

Terkini