Wali Kota Lepas Arakan Kereta Kencana Rayakan Thaipusam

Selasa, 22 Januari 2019 / 23.32
MEDAN, KMC - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH melepas kereta kecana yang membawa patung Dewa Murugan dalam perayaan Thaipusam di depan Kuil Sree Soepramaniam Nagararattar Jalan Kejaksaan Medan, Senin (21/1/2019) malam. 

Meski cara nazar untuk menebus dosa yang dilakukan cukup ekstrim hingga membuat yang melihatnya merinding, jelas Wali Kota, namun karena dilandasi iman yang kuat, umat Hindu yang melakukan penebusan dosa itu senantiasa terlindungi dari segala bentuk marabahaya selama prosesi perayaan Thaipusam berlangsung.

Selanjutnya Wali Kota tak lupa mengingatkan, momen perayaan Thaipusam tahun ini berjarak sekitar 3 bulan  jelang pemilu baik Pileg dan Pilpres yang akan berlangsung pada April mendatang.  Menyikapi hal itulah, Wali Kota mengajak seluruh umat beragama di Kota Medan untuk bersama-sama menjaga suasana kondusif yang telah terbina dengan baik selama ini.

Perayaan Thaipusam ditandai dengan pelepasan kereta kencana yang membawa patung Dewa Murugan. Tercatat, ada empat kereta kencana yang dilepas Wali Kota didampingi anggota DPD RI Parlindungan Purba, Karo SDM Poldasu Kombel Pol I Ketut Suwardana, Wakil Ketua DPRD Medan H Iswanda Nanda Nanda Ramli SE, unsur Forkopimda Medan,  Ketua Persatuan Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Sumut S Siwaji Raja ST, Ketua PHDI Kota Medan Surya serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan.

Sebelumnya Wakil Ketua DPRD Medan H Iswanda Nanda Ramli  mengatakan, perayaan Thaipusam  merupakan harmoni di tengah keberagaman agama, suku dan kepercayaan yang ada di Indonesia, khususnya Sumatera Utara. Di Kota Medan, Thaipusam sudah menjadi bagian dan kekayaan kultural sekaligus bukti kesiapan masyarakat untuk hidup berdampingan dalam keberagaman.
                
Sedangkan Ketua PHDI Kota Medan Surya menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemko Medan, terutama Wali Kota Medan karena mendukung penuh sehingga perayaan Thaipusam dapat dilaksanakan. Dia berharap perayaan Thaipusam ini digelar rutin setiap tahunnya sehingga Umat Hindu, terutama turunan Tamil dapat terus merayakannya.
                
"Di samping itu melalui momen perayaan Thaipusam ini, saya mengajak seluruh umat Hindu di Kota Medan terus bersatu dan mendukung pembangunan yang dijalankan Pemko Medan,” pesan Surya. (riz/ril)
Komentar Anda

Terkini