Lebih 12 Ribu Masyarakat Meriahkan HUT Pemprovsu ke 71, Ratusan Hadiah Dibagi

Sabtu, 27 April 2019 / 22.03
Gubsu Edy Rahmayadi bersama masyarakat di perayaan HUT Pemprovsu ke 71.
MEDAN, KMC - Kemeriahan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 71 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) masih terus berlanjut. Sejak pagi sekitar pukul 06.00 WIB, Sabtu (27/4/2019), diperkirakan lebih dari 12.000 masyarakat Sumut memadati jalanan sekitar Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, untuk mengikuti Lomba Gerak Jalan Beregu dan Massal.

Lomba gerak jalan yang merupakan salah satu rangkaian perayaan HUT Sumut ini dimulai dengan pelepasan secara resmi para peserta lomba oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi oleh Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis Edy Rahmayadi, Walikota Medan Dzulmi Eldin, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumut Sabrina, serta beberapa unsur Forkopimda Sumut.

Gubernur juga turut serta melakukan gerak jalan, sembari menyapa dan bersalaman dengan masyarakat yang berada di sekitar rute lintasan. "Pada pagi ini, kita bersama-sama silaturahmi dan berolahraga. Saya ucapkan terima kasih, kalian sangat antusias. Berarti menyanyangi, mencintai Sumatera Utara kita ini," ucapnya, usai melakukan gerak jalan dan disambut dengan tepukan tangan meriah dari masyarakat.

Dirinya pun mengajak masyarakat untuk menikmati seluruh rangkaian HUT Sumut. Menurutnya, HUT Sumut merupakan momentum dan kesempatan bagi masyarakat untuk berpesta. "Seluruh rangkaian HUT Sumut adalah milik kalian, rakyat Sumut. Mari kita nikmati bersama, bersyukur provinsi kita telah mencapai usia ke 71. Selanjutnya, kita evaluasi agar pada HUT berikutnya, Sumut sudah lebih baik dari tahun ini," pesan Edy.

Langkah mewujudkan Sumut yang lebih baik ini, kata Edy, akan dimulai dengan program prioritas yang tertuang dalam visi misi Sumut Bermartabat. Beberapa diantaranya yakni masalah peningkatan kualitas SDM atau masalah ketenagakerjaan, pertanian, infrastruktur, dan lainnya.

Kemudian, Edy pun mengingatkan agar masyarakat yang ikut dan meramaikan gerak jalan tertib dan tidak meninggalkan sampah. Katanya, menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan merupakan salah satu bukti rasa cinta kepada Sumut. "Harus sama-sama kita jaga Sumut ini. Semoga kegiatan seperti ini harus sering terlaksana, ajang untuk kita sesama masyarakat Sumut silaturahmi dan saling mengenal. Dalam suasana yang santai, memupuk rasa kebersamaan," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut Baharuddin Siagian menyampaikan bahwa jarak rute yang ditempuh pada lomba gerak jalan sekitar 4,5 kilometer yakni dimulai dari Jalan Diponegoro - Jalan KH Zainul Arifin - Jalan Imam Bonjol - Jalan Sudirman - dan kembali ke Jalan Diponegoro. "Peserta yang ikut untuk regu itu 285 kelompok regu, terdiri dari kelompok ASN, Umum, pelajar. Secara total sekitar 12.000 lebih," jelasnya.

Di penghujung acara, dilakukan pengumuman pemenang lomba gerak jalan. Untuk ASN Putra dimenangkan oleh Dinas Perkebunan Provinsi Sumut, ASN Putri dimenangkan oleh Dispora Provinsi Sumut. Selain lomba, juga dilakukan pembagian lucky draw. Beberapa hadiahnya termasuk 8 unit kompor gas, 92 unit sepeda, 15 unit TV, 2 unit sepeda motor, 6 unit kipas angin, 6 dispenser, 1 kulkas, dan 3 penanak nasi.

Acara berlangsung meriah hingga akhir. Masyarakat dari berbagai kalangan berbaur menjadi satu. Gubernur Edy juga tampak dekat dan akrab dengan masyarakat. Bersama istri, dirinya melayani permintaan untuk berjabat tangan dan swafoto dari masyarakat. Para pedagang kaki lima pun turut merasakan kebahagiaan, dagangan yang mereka bawa diborong oleh Gubernur untuk dibagi-bagikan pada masyarakat. Sebelumnya, dirinya juga tampak menggabungkan diri dengan kelompok drumband. Memainkan instrumen drum, Edy Rahmayadi bernostalgia dan menguji kembali skill-nya bermain drumband. (mar)
Komentar Anda

Terkini