Lewat Samsat Online, Musa Rajekshah Harapkan Sinergi Tingkatkan PAD Sumut

Jumat, 03 Mei 2019 / 15.51
Wagubsu berfoto bersama usai membuka raker terpadu samsat online.
MEDAN, KMC - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah membuka Rapat Kerja Terpadu Tim Pembina Samsat Provinsi Sumut dan Sosialisasi Samsat Online Nasional di Hotel Aryaduta Medan, Jumat (3/5/2019).

Dalam rapat tersebut Wagub menekankan pentingnya sinergi antara Pemerintah Provinsi Sumut dengan Polri, Jasa Raharja dan pihak bank terkait, guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak dan bea balik nama kendaraan bermotor.

"Pendapatan dari pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor merupakan porsi yang dominan sekitar 50%-60% dari total PAD, oleh karena itu upaya-upaya untuk meningkatkan pendapatan dari sektor ini mau tidak mau harus terus ditingkatkan, untuk itu perlu adanya sinergi dan persamaan persepsi antara pihak terkait," ujar Wagub.

Tanpa mengabaikan keberlangsungan sentra-sentra pelayanan yang telah disediakan selama ini, kata Musa Rajekshah, lewat Samsat Online diharapkan agar masyarakat benar-benar merasakan kehadiran Samsat sebagai sarana dalam menjalankan kewajibannya membayar pajak kendaraan bermotor.

Musa Rajekshah juga memuji kehadiran Samsat Online. "Ini adalah inovasi yang baik, sehingga masyarakat dari daerah mana pun, dan kapan pun sudah bisa membayar pajak langsung, sehingga pelayanan yang dekat dan berkualitas pun dapat diwujudkan. Dengan cara sistem online pasti banyak yang diuntungkan, bagaimana masyarakat bisa lebih sadar untuk membayar pajak," ujarnya.

Kedepannya, Wagub juga akan memikirkan upaya upaya yang perlu dibuat oleh Pemprov untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar membayar pajak. "Akan coba saya pikirkan bagaimana upaya upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat membayar pajak, mulai dari pemberian reward bagi yang bayar tepat waktu, hingga punishment bagi yang membayar telat, di luar negeri semua itu jelas sehingga masyarakatnya berpikir dua kali untuk tidak membayar pajak," tambahnya.

Sebelumnya, Kombes Pol Sugeng Sunaryadi yang mewakili Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Kepolisian RI memuji kepedulian Wagub Musa Rajekshah akan keberlangsungan Samsat Online. "Ada lima daerah yang sudah saya datangi untuk mensosialisasikan Samsat Online ini, tapi baru di Sumatera Utara saya disambut oleh wakil gubernur, terima kasih untuk kepedulian bapak," puji Sugeng.

Dalam rapat koordinasi tersebut turut berhadir Dirlantas Poldasu Kombes Pol Yuli Kurniawan, Kepala Jasa Raharja Cabang Sumut Ifriyantono, Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Provsu Sarmadan Hasibuan  dan Direktur Pemasaran Bank Sumut Abdi Santosa Ritonga.

Untuk diketahui, sebelumnya bertepatan pada perayaan HUT Provinsi Sumatera Utara ke 71 Tahun, di launching Samsat Online Nasional (Samolnas). Dihadapan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Tim Pembina Samsat yang terdiri dari Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Sumut, Dirlantas Poldasu dan Jasa Raharja, beserta Bank Sumut dan Dukcapil Sumut menandatangani MoU kerja sama implementasi Samolnas di Sumatera Utara.

Samolnas merupakan aplikasi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) melalui smartphone, sehingga wajib pajak dimudahkan dengan membayar PKB bisa dimana saja dan kapan saja tanpa perlu khawatir jatuh tempo. Selain itu penerapan Samolnas akan memangkas Birokrasi yang ada sehingga lebih cepat, transparan dan akuntabel. (mar)
Komentar Anda

Terkini