Masyarakat Harus Waspada, Ada 1402 Hoaks Terkait COVID-19

Selasa, 02 Februari 2021 / 15.23

Drs Anthonius Malau MSi, Koordinator Pengendalian Internet Ditjen APTIKA Kemkominfo.

JAKARTA, KLIKMETRO.COM - Berita-berita hoaks muncul secara gencar dan dengan pengemasan  yang sedemikian rupa membuat masyarakat percaya. Kementerian Komunikasi dan Informatika  (Kemkominfo) mencatat sejak 23 Januari 2020 – 1 Februari 2021 menemukan ada 1.402 kasus  hoaks terkait COVID-19. Khusus untuk vaksin, Kemkominfo menangani 97 temuan hoaks terkait  vaksin COVID-19 hingga 1 Februari 2021. 

Drs. Anthonius Malau, M.Si, Koordinator Pengendalian Internet Ditjen APTIKA  Kemkominfo menyampaikan, “Kemkominfo melakukan inisiatif untuk melawan konten-konten ini  mulai dari hulu sampai hilir. Di hulu kita memperkuat kapasitas masyarakat melalui program  literasi digital yang kita sebut Siberkreasi. Tujuannya adalah untuk membekali masyarakat  dengan keterampilan untuk mengetahui dan memilih konten yang benar,” paparnya dalam  Keterangan Pers yang diselenggarakan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi  Nasional (KPCPEN), Selasa (2/2/2021). 

Lebih lanjut lagi, Anthonius Malau menjelaskan, “Di tengah antara hulu dan hilir kita melakukan  upaya pendekatan kepada platform media sosial untuk melakukan penurunan (take down) konten  hoaks tersebut. Kita juga di hilir melakukan langkah terakhir karena di sini ada yang sampai  berujung ke penegakan hukum,” paparnya. 

“Khusus untuk kasus hoaks COVID-19, ada 104 yang telah dibawa ke ranah hukum. Kominfo  juga melakukan patroli siber yang bekerja 24 jam selama tujuh hari dalam seminggu. Diawaki  kurang lebih 100 orang yang menerima aduan masyarakat dan bekerjasama dengan 28  kementerian/lembaga yang bermitra dengan kami,” tambah Anthonius Malau. 

Selain itu media massa juga bekerjasama dengan Kemenkominfo untuk mengecek fakta, “Pada  umumnya media massa memberikan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan, karena  memiliki proses yang berujung pada kebenaran. Bekerjasama dengan platform media sosial pun  kami melakukan pendekatan, cek fakta dan memberikan literasi digital kepada masyarakat,”  papar Anthonius Malau. 

Peran masyarakat harus mewaspadai berita yang provokatif dan tidak dengan mudah  mempercayai berita-berita tersebut, “Diharapkan masyarakat mampu memeriksa dua  hal, pertama apakah sumber barit atau valid atau tidak, kedua cek keaslian fakta dan fotonya.  Kemudian kami pun mengharapkan masyarakat melaporkan hoaks ke kanal yang kami sediakan  ada di nomor WA 08129224545 yang kami bukan 24 jam,” terangnya. 

Terakhir Anthonius Malau menyampaikan, “Marilah kita menjadi polisi hoaks di grup-grup WA  atau grup Telegram. Ketika ada suatu konten yang meragukan mari jangan langsung percaya  dan laporkan konten tersebut kepada Kemkominfo atau ke Dinas Kominfo yang nanti akan  diteruskan ke kami,” tutupnya. (rel/mar)

Komentar Anda

Terkini