Bupati H Ashari Tambunan : Zakat Memiliki Berbagai Dimensi

Rabu, 10 Agustus 2022 / 23.02

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan menghadiri penyaluran bantuan dana zakat dan infaq tahap III yang diselenggarakan Baznas Kabupaten Deli Serdang.(f-kominfo deli serdang)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan menghadiri Penyaluran Bantuan Dana Zakat dan Infaq Tahap III yang diselenggarakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Deli Serdang di Pendopo Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah (P3UD) Deli Serdang, Kecamatan Tanjung Morawa, Rabu (10/8/2022).

Bupati mengatakan, zakat adalah kewajiban yang memiliki berbagai dimensi. Selain dimensi ibadah, zakat juga merupakan dimensi sosial.

Bupati mengingatkan, kepada para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang untuk melaksanakan kewajiban sesuai ajaran agama, salah satunya adalah zakat.  

"Mari laksanakan kewajiban zakat secara kolektif melalui organisasi, sehingga kegiatan ini jadi terorganisir hingga maksud diwajibkannya zakat bagi kita itu menjadi lebih mudah dicapai," kata Bupati.

Dijelaskan Bupati, Baznas Deli Serdang yang memiliki berbagai program bersama-sama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang, dan organisasi perangkat daerah (OPD), seperti Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, rumah sakit serta Dinas Pendidikan, dengan harapan agar penyaluran zakat efektif dan memberi nilai tambah. 

"Mari jalankan kewajiban kita melalui Baznas Kabupaten Deli Serdang, agar penyalurannya menjadi lebih efektif, agar manfaatnya lebih dirasakan. Mudah-mudahan, pahalanya lebih berlipat ganda, apalagi penyaluran zakat ini disalurkan dengan kegiatan yang menghasilkan amal jariyah bagi kita," imbau Bupati. 

Sebelumnya, Ketua Baznas Kabupaten Deli Serdang, Drs H Zulkarnain Nasution mengatakan, sebagai dimensi sosial, zakat dapat berfungsi mewujudkan solidaritas sosial, pengentasan kemiskinan, pembiayaan pendidikan, pertolongan terhadap orang-orang yang tidak berkecukupan (mustahiq) dan permasalahan sosial lainnya. 

Potensi ekonomi yang terkandung melalui zakat dapat digalang dan dikembangkan dan dikelola secara profesional, transparan, amanah.

Dijelaskan juga, dana zakat yang telah terkumpul sejak Januari sampai Juli 2022, sebesar Rp 962.769.000 (sedikit menurun dari tahun sebelumnya). 

Dari hasil dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) yang terkumpul, Baznas telah menyalurkan pada tahap I dan II sebesar Rp 534.000.000 kepada fakir miskin di kecamatan se-Kabupaten Deli serdang, bantuan biaya perobatan sinergi dengan Dinas Sosial Deli serdang, dan juga bantuan untuk pembangunan rumah ibadah (masjid/mushola) yang berasal dari dana infaq.

Di sela-sela acara tersebut, dirangkai dengan penyerahan kursi roda, bantuan fakir miskin untuk wilayah Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang.

"Selanjutnya, nanti kami akan turun ke kecamatan-kecamatan menyerahkan bantuan kepada fakir miskin, bantuan bedah rumah sebanyak dua unit, bantuan kepada guru-guru mengaji, bantuan biaya pendidikan mulai tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTS), Madrasah Aliyah (MA), S1 sampai S3, bantuan pendidikan dan perobatan sinergi dengan Dinas Sosial Deli Serdang, dan bantuan untuk pembangunan beberapa masjid di Deli Serdang," terang Ketua Baznas.

Hadir pada acara tersebut, Asisten I Drs Citra Efendi Capah, Asisten II Putra Jaya Manalu SE,MM, Para Pimpinan OPD , Para Camat Se Kabupaten Deli Serdang , para pengurus Baznas Deli Serdang Drs H Yusuf Ady, H Surya Putra serta undangan lainnya.(mar)

Komentar Anda

Terkini