Mahasiswa Tata Boga Unimed Gelar Magical Culinary Of Indonesia 2018

Selasa, 10 April 2018 / 22.00
MEDAN, POC - Mahasiswa Progra Pendidikan (Prodi) Pendidikan Tata Boga Angkatan Tahun 2015 Universitas Negeri Medan (Unimed)  akan mengadakan festival makanan Indonesia yang bertemakan “Magical Culinary Of Indonesia” dan workshop ‘Kreasi Masakan Nusantara’ pada tanggal 12 April dan 26 April 2018 di kampus Unimed.

Ketua Panitia Pelaksana, Sandy Ramanda Putra, kepada wartawan, Senin (9/4/2018), mengungkapkan kegiatan ini terdiri dari dua jenis, yakni  workshop dengan tema “Kreasi Masakan Nusantara”, Kamis 12 April pukul 08.00 wib sampai selesai di Ruang Sidang Lantai 4 Digital Library Unimed.

Tampil sebagai narasumber dalam kegiatan workshop ini adalah Chef Khairul Adnan (Kitchen Chef/Executive Chef at Santika Dyandra Hotel & Convention, Medan, serta Chef Hendry Hutabarat (Pastry Chef), dengan acara penyampaian materi oleh narasumber, food photography dan kuis tentang materi dari nara.

Kemudian, kata Sandy Ramanda Putra, pada tanggal 26 April 2018 pukul 08.00 Wib sampai selesai akan digelar Pameran Pendidikan Tata Boga Tahun 2018 dengan tema “Magical Culinary Of Indonesia” di Fakultas Teknik Unimed.

Dalam kegiatan pameran ini juga akan diisi dengan acara seperti food stylish competition, fruit and vegetable carving competition, cooking competition, band competition dan selfie challenge.

Sandy menjelaskan, kegiatan ini antara lain bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan jiwa entrepreneur mahasiswa di bidang kuliner, meningkatkan hubungan kerjasama antara dunia industri dengan Prodi Pendidikan Tata Boga Unimed dalam bidang usaha boga.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenalkan beraneka ragam makanan khas Indonesia yang telah dimodifikasi bentuk dan penampilannya, tetapi tidak menghilangkan cita rasa aslinya.

“Juga bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa makanan khas Indonesia bisa bersaing di era globalisasi dan disukai sampai tahap internasional melalui pameran ini,” ujar Sandy.

Ia mengungkapkan, dengan dilaksanakannya festival ini diharapkan seluruh masyarakat Indonesia dapat mempertahankan cita rasa masakan serta menjadikan masakan daerah Indonesia menjadi ‘raja’ di negeri sendiri dan dapat mempengaruhi konsumsi wisatawan semakin meningkat, sehingga kunjungan wisatawan dapat meningkatkan inflasi Indonesia.

“Oleh sebab itu mahasiswa Tata Boga Unimed angkatan tahun 2015 akan mengadakan Festival Makanan Nusantara yang bertemakan ‘Magical Culinary Of Indonesia”,” kata Sandy.

Kegiatan ini, imbuh Sandy, tentunya juga bertujuan untuk memperkenalkan dan mempopulerkan kembali masakan dari berbagai daerah di Indonesia kepada masyarakat luas. Festival ini merupakan agenda tahunan dari mahasiswa jurusan PKK Prodi Tata Boga mata kuliah Pameran, yang resmi dibawah bimbingan dan pengawasan dari pihak dekanat.

“Pada tujuan akhirnya kuliner dan budaya khas Indonesia tidak hilang dan akan terus berkembang serta dapat bersaing di tingkat internasional. Dan yang paling terpenting melalui pameran ini dapat menumbuhkembangkan rasa cinta kita terhadap budaya khas Indonesia,” pungkasnya. (mr)
Komentar Anda

Terkini