Wali Kota Minta Dilaksanakan Program Kerja APBD 2019

Rabu, 27 Februari 2019 / 20.49
MEDAN, KMC - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menekankan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan  agar melaksanakan tugas pendapatan dan belanja, supaya fokus pada target yang telah ditetapkan agar realisasi pendapatan dan belanja daerah pada akhir tahun anggaran selaras dengan APBD yang sudah ditetapkan. 

Penekanan ini disampaikan Wali kota Medan ketika membuka Rapat  Kerja Pelaksanaan Program/Kegiatan Pembangunan Kota Tahun 2019 di Hotel Grand Aston Medan, Rabu (27/2/2019). Sebab, rendahnya realisasi belanja langsung akan sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi daerah.  Oleh karenanya Wali Kota minta kepada  seluruh OPD agar  melakukan percepatan proses pengadaan barang dan jasa pada masing-masing OPD.

Kemudian Wali Kota minta agar seluruh OPD bekerjasama dan berkomunikasi serta berkoordinasi dengan Layanan Perngadaan Saecara Elektronik (LPSE) dan Unit Layanan Pengaduan (ULP).  “Itulah yang menjadi tugas saudara yang harus diingat dan dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab,” kata Wali Kota.

Sedangkan tugas Wali Kota tegas Eldin, melihat dan menilai kinerja serta tanggung jawab  yang dilakukan seluruh jajaran OPD apakah sudah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) masing-masing. Di samping itu juga melihat apakah tupoksi yang dilakukan itu sudah memenuhi unsur peraturan dan ketentuan yang berlaku, terlebih dalam rangka memberhasilakn pencapaian target pembangunan kota. “Itu tentunya menjadi perhatian saya!” tegasnya.

Selanjutnya dalam rapat yang turut dihadiri Wakil Wali Kota Ir Akhyar Nasution MSi, Sekda Kota  Medan Ir Wirya Alrahman MM,  Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, Camat, Lurah Kepala UPT dan Puskesmas se-Kota Medan, Wali Kota kemudian mengingatkan, APBD Tahun 2019 telah ditetapkan secara tepat waktu pada bulan Desember 2018. Dikatakannya, ada dua bagian pokok  dalam APBD Tahun 2019 yakni  sisi pendapatan daerahn dan sisi belanja daerah.

Untuk sisi pendapatan  daerah, jelas Wali Kota,  telah ditargetkan  sebesar Rp.6,118 triliun dengan pendapatan asli daerah (PAD) yang diharapkan sebesar Rp.2,338 triliun. Sedangkan dari sisi belanja terdiri dari belanja langsung sebesar Rp.4,048 triliun dan belanja tidak langsung sebesar Rp.2,070 triliun.

Khusus  kepada para camat, lurah, dan kepala lingkungan, Wali Kota minta untuk bekerja dengan sebaik-baiknya dan meningkatkan pelayanan sehingga masyarakat yang membutuhkan pelayanan merasa terpuaskan. “Ingat, saya tidak mau dengar lagi ada camat  lurah maupun kepling yang tidak dikenal warganya,"   pungkasnya.

Sebelumnya Plt Kepala Bappeda Kota Medan M Syafruddin MSi dalam laporannya berharap, melalui rapat ini, dapat lebih diwujudkan sinergitas diantara OPD di lingkungan Pemko Medan. "Terutama dalam pelaksanaan seluruh program kegiatan. Dengan begitu  masyarakat dapat merasakan hasil dari pembangunan yang dilakukan Pemko Medan,” kata Syafruddin. (mar/rel)
Komentar Anda

Terkini