-->

KPU Medan Klarifikasi Ijajah Robi Barus

Selasa, 30 Juli 2019 / 22.34
ft/ist.
KLIKMETRO.com, MEDAN - Menindaklanjuti laporan masyarakat terkait persoalan ijajah calon legislatif (caleg) terpilih PDI P Kota Medan, Robi Barus, pihak KPU Medan telah melakukan klarifikasi.

Diperoleh informasi, Robi Barus datang ke Kantor KPU Medan untuk memenuhi undangan klarifikasi.

Komisioner KPU Medan Rinaldi Khoir membenarkan adanya kehadiran Robi. Meski Rinaldi sendiri mengakui, saat Robi datang, dia sedang bertugas di luar.

"Memang datang, tapi kebetulan saya tak di kantor. Partai yang kami undang untuk menghadirkan Robi. Tapi dari partai PDIP tidak datang bersama Robi," ungkapnya.  

Rinaldi mengaku tidak ikut dan ada di tempat saat Robi Barus datang dan selesai di klarifikasi. "Saya tidak ikut," sebutnya. 

Rinaldi menjelaskan, Robi Barus memenuhi undangan KPU Medan untuk diklarifikasi atas dasar laporan masyarakat yang diterima KPU Medan pada beberapa waktu lalu. 

Rinaldi tidak bersedia menjelaskan, apakah sah menurut administrasi Robi Barus mendaftar sebagai caleg tahun 2014-2019 dengan menggunakan ijazah Sekolah Menengah Analis Kesehatan Medan dan tahun 2019-2024 mendaftar dengan menggunakan ijazah Sekolah Menengah Atas Perguruan Nasional Gultom Medan

"Menurut informasi yang saya terima juga dari tim KPU Medan yang melakukan verifikasi faktual syarat pencalonan pada 2018 lalu, syarat pendidikan calon atas nama Robi dari PDIP sah," katanya.

Menurutnya, ijazah yang diserahkan partai politik sebagai syarat calon atas nama Robi sudah sah. "Sudah dilakukan verifikasi faktual dengan mendatangi lembaga pendidikan yang berwenang," paparnya. 

"Yang diverifikasi syarat ijazah yang dilampirkan saat pencalonan Pemilu 2019. Terkait sarat ijazah calon periode sebelumnya kami tidak tahu," imbuhnya.

Untuk diketahui, Robi Barus merupakan anggota DPRD Medan yang kini duduk di Komisi I. Pada pemilu serentak lalu, Robi Barus merupakan salah satu caleg terpilih untuk kursi DPRD Medan periode 2019-2024. Namun dikabarkan dewan incumbent ini bermasalah dengan ijajah sekolah. (mar)
Komentar Anda

Terkini