-->

Dukung Pilkada Kota Medan, KPU Minta Stakeholder Jalankan Tupoksi

Senin, 21 Oktober 2019 / 18.12
Rapat kordinasi KPU dan Pemko terkait Pilkada Kota Medan.
MEDAN, KLIKMETRO - Pemko Medan siap mendukung dan memfasilitasi seluruh komponen yang dibutuhkan terkait penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Medan Tahun 2020 mendatang. Dukungan ini diberikan, guna mensukseskan pelaksanaan Pilkada yang menganut azas langsung, umum, bebas dan rahasia (Luber) di Kota Medan sehingga berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan.
Demikian terungkap dalam Rapat Koordinasi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan di Medan Club, Jalan R.A Kartini Medan, Senin (21/10/2019). Rapat yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan ini bertujuan untuk menguatkan sinergitas serta soliditas dalam mempersiapkan seluruh tahapan Pilkada bersama sejumlah stakeholder terkait.
Dukungan tersebut disampaikan Asisten Pemerintahan (Aspem) Kota Medan Musadad Nasution ketika hadir dalam Rapat Koordinasi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan di Medan Club, Jalan R.A Kartini Medan, Senin (21/10/2019). Rapat yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan ini, bertujuan menguatkan sinergitas serta soliditas dalam mempersiapkan seluruh tahapan Pilkada bersama sejumlah stakeholder terkait.
Pemko Medan yang diwakili Asisten Pemerintahan Setdako Medan Musaddad Nasution mengatakan, Pemko Medan akan menjalankan tugas, fungsi dan perannya sesuai dengan kapasitas selaku penyelenggara pemerintahan. Oleh karenanya, melalui rapat koordinasi ini, Musadad berharap seluruh stakeholder terkait dapat menyampaikan dan mencurahkan segala masukan dan gagasan yang dibutuhkan agar Pilkada Kota Medan tahun 2020 dapat berjalan lebih baik dari sebelumnya.
Dihadapan peserta rapat yang terdiri dari unsur Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), TNI-Polri, Kejaksaan Negeri (Kejari), perwakilan Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumut, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan, Musadad menekankan bahwa hal terpenting yang harus dijaga adalah kekondusifan Kota Medan.
Sebelumnya, Ketua KPU Kota Medan Agussyah Damanik dalam paparannya menyampaikan ada beberapa poin yang akan dibahas dalam rapat koordinasi tersebut diantaranya terkait pemutakhiran data pemilih, distribusi logistik, keamanan, sistem perekrutan petugas panitia pemilihan kecamatan (PPK) serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak suara.
Sebab, bilang Agussyah sesuai jadwal Pilkada Kota Medan akan digelar pada 23 September 2020 mendatang. Untuk itu dibutuhkan sinkronisasi tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing stakeholder agar seluruh tahapan Pilkada dapat berlangsung lancar dan sukses serta potensi masalah yang mungkin terjadi dapat diantisipasi. (mar)
Komentar Anda

Terkini