-->

Deklarasi Masyarakat Karo Dukung Rusdi Sinuraya di Pilwalkot Medan

Kamis, 19 Desember 2019 / 09.56
Deklarasi lintas organisasi masyarakat Karo mendukung Rusdi Sinuraya di Pilwalkot Medan 2020.
MEDAN, KLIKMETRO - Lintas organisasi masyarakat karo yang diprakarsai Dewan Pimpinan Pusat Pemuda Merga Silima (DPP PMS) sepakat mendukung dan mendeklarasikan Rusdi Sinuraya maju di pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Medan periode 2020-2024.

Deklarasi digelar di Istana Koki Restaurant, Jalan Teuku Cik Ditiro Medan, Rabu, (18/12/2019) malam. Ratusan masyarakat Karo hadir berdiskusi menyatukan persepsi untuk mendukung dan berperan aktif guna memajukan orang Karo dalam perhelatan politik.
Rusdi Sinuraya bersama istri Delima Br Tarigan.
Lintas Organisasi masyarakat Karo yang turut berdeklarasi, diantaranya d Cendikiawan Karo (ICK), KAMKA, HMKI, IAMAKA USU, MAKAMULIA, BPK, PWBS, FK3 dan ormas lainnya serta tokoh-tokoh masyarakat Karo.
Deklarasi tersebut dipimpin Ketua Umum DPP PMS Mbelin Berahmana. Dalam sambutannya, Mbelin Brahmana menyampaikan sekelumit tentang sejarah Kota Medan yang didirikan oleh orang Karo yaitu Guru Patimpus Sembiring Pelawi pada tahun 1590.

“Berangkat dari sejarah Berdirinya Kota Medan serta menegakkan “kini Karo on” (ikatan kekerabatan masyarakat Karo yang kental) dan melihat rekam jejak Rusdi Sinuraya maka dengan ini saya sebagai Ketua Umum DPP PMS mendukung dan mengusung hanya satu nama yaitu Rusdi Sinuraya,” tegas Mbelin Berahmana disambut tepuk tangan ratusam masyarakat Karo Kota Medan yang hadir.

Hal senada juga disampaikan Wara Sinuhaji pengamat sosial politik, Dosen Universitas Sumatera Utara (USU) mengatakan, bahwa kita semua paham, Kota Medan ini didirikan oleh orang Karo yaitu Guru Patimpus Sembiring Pelawi, tapi selama ini dalam historis tidak pernah ada orang Karo menjadi Walikota maupun Wakil Walikota Medan.

Kesadaran itu lah sekarang yang membuat masyarakat Karo Bersatu, sehingga mempecayakan aspirasi masyarakat Karo kepada Rusdi Sinuraya menjadi calon Wakil Walikota Medan. Saat ini hanya  Rusdi Sinuraya dari masyarakat Karo yang dinilai layak dan pantas kita usung untuk menjadi calon pemimpin Kota Medan ke depan, kata Wara.

Demikian juga Sekretaris Umum DPP PMS, Bengkel Ginting menyampaikan, dalam analisa  DPP PMS, elemen masyarakat Karo, Cendikiawan Karo dan Akademisi Karo bahwa pada Pilkada kali ini, sudah saatnya Kota Medan yang didirikan oleh Guru Patimpus Sembiring Pelawi dipimpin oleh orang Karo.
"Analisa kami pada saat ini di Kota Medan ada sosok, figur seorang orang Karo yang layak, punya integritas dan kapabilitas menjadi pemimpin di Kota Medan yaitu Rusdi Sinuraya yang kita dukung untuk posisi calon Wakil Walikota Medan.

“Memang dalam sistem Pilkada bahwa partai politik kami harapkan yang mengusung calon bisa memperhatikan aspirasi ini, dengan demikian  pada tahun 2020 nanti ketika partai politik menetapkan calon untuk diusung dalam Pilkada Kota Medan kami harapkan Rusdi Sinuraya  ini bisa disandingkan dengan orang pertama yang diusung partai,” kata Bengkel Ginting seraya menambahkan bahwa Rusdi Sinuraya yang dideklarasikan pada hari ini adalah sebagai bentuk dukungan moral wujud dari rasa kebersamaan persatuan dan kesatuan hati masyarakat Karo yang pada waktunya nanti dapat diperhitungkan partai politik.

Sebelumnya Ketua Ikatan Alumni Mahasiswa Karo (IAMAKA) USU Drs Setia Dharma Sebayang mengatakan sebagai orang Karo  sudah sepantasnya kita mendukung orang Karo. “Saya setuju itu dan saya mendukung calon yang kita usung Rusdi Sinuraya,” tegas Setia Dharma Sebayang

Hal senada juga disampaikan tokoh Karo lainnya antara lain Prof Meneth Ginting, Prof Sukaria Sinulingga, Prof Saat Afifuddin Sembiring dan Nabari Ginting yang bulat hati mengusung sosok orang Karo.

Pada kesempatan itu, Rusdi Sinuraya yang didampingi istri, Delima Br Tarigan menyatakan siap mengemban amanah atas kepercayaan yang diberikan masyarakat Karo.

"Saya siap mengemban amanah dan akan menjaga kepercayaan masyarakat Karo,"ujar Dirut PD Pasar Kota Medan ini.

Turut hadir tokoh Karo, Burhanuddin Sitepu (Anggota DPRD Medan), Prof. Menet Ginting, Prof Sukaria Sinulingga, Prof Rehngena Purba, Nabari Ginting, Benar Sinuraya, Prof Saat Afifuddin Sembiring, Modal Pencawan, Jonni Sitepu, Jesayas Tarigan, Ali Sitepu, Jonathan Tarigan, serta tokoh Karo lainnya. (mar)


Komentar Anda

Terkini