-->

Dampak Corona, Ortu Sulit Bayar Uang Sekolah, Pemerintah Diminta Kasih Solusi

Senin, 30 Maret 2020 / 17.37
Anggota DPRD Medan Siti Suciati.
MEDAN, KLIKMETRO - Pemerintah Kota (Pemko) Medan dan Pemerintah Propinsi Sumatera Utara (Pempropsu) kiranya dapat menyahuti keluhan orang tua siswa terkait beban pembayaran uang sekolah masa wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Ditengah situasi ekonomi yang sulit saat ini kiranya para orang tua mendapat keringanan pembayaran biaya uang sekolah.

Hal itu disampaikan anggota DPRD Medan Siti Suciati kepada wartawan, Senin (30/3) menyikapi situasi liburan sekolah karena Virus corona namun disatu sisi diwajibkan bayar uang sekolah. “Saya banyak mendapat keluhan dari masyarakat terkait kesulitan bayar uang sekolah sekaligus 3 bulan,” ujar Suciati.

Politisi Gerindra ini mengingatkan, agar masalah tersebut menjadi perhatian pemerintah. “Khusus sekolah swata, kalau uang sekolah sigratiskan tidak mungkin karena gaji guru memang dari siswa, sementara orang tua siswa kesulitan bayar. Tentu, sangat diharapkan solusi dari pemerintah,” ujar wanita berhijab yang akrab disapa Uci ini.

Memang kata Siti Suciati yang duduk di Komisi III DPRD Medan membidangi perekonomian itu. Masalah pendidikan bukanlah bidang komisinya di DPRD Medan melainkan di Komisi II. Tetapi kata Suciati keluhan itu wajar disuarakan karena keluhan oarang tua siswayang diterimanya.

Ditambahkan Suciati, kalau untuk sekolah negeri tingkat SMA sederajat sangat dimungkinkan untuk tidak bayar uang komite. Karena para guru telah mendapat gaji dari pemerintah. “Itu pun tergantung kebijakan Pempropsu namun tetap mengedepankan membantu keringanan beban orang tua siswa,” harapnya.

Sedangkan untuk tingkat SMP N sederajat dan SDN, Suciati berharap jangan sampai ada kutipan dengan dalih apapun. “Untuk biaya hidup sehari hari saja warga Medan sudah kesulitan,” ungkap politisi asal daerah pemilihan di kawasan Medan Utara ini. (mar)
Komentar Anda

Terkini