-->

Tim Satgas Covid-19 Kota Medan Pastikan Prokes Ibadah Natal Terlaksana dengan Baik

Jumat, 25 Desember 2020 / 21.25

Tim Satgas Covid-19 Kota Medan meninjau  pelaksanaan protokol kesehatan di gereja.

MEDAN, KLIKMETRO - Guna memastikan ibadah Perayaan Natal berlangsung dengan aman serta menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan baik, Tim Satgas Covid-19 Pemko Medan mendatangi sejumlah gereja yang melaksanakan kebaktian maupun misa, Jumat (25/12/2020). 

Dari keempat gereja yang dikunjungi seluruhnya telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Pihak gereja sendiri juga telah menyediakan tempat mencuci tangan, hand sanitizer maupun penyediaan masker bagi jemaat yang datang.  Di samping itu juga pihak gereja menerapkan jaga jarak sesuai ketentuan prokes.
Adapun gereja yang dikunjungi diantaranya Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Ressort  Pabrik Tenun Jalan Pabrik Tenun, pada gereja ini tampak penerapan 3M dengan ketat terlihat dari tersedianya tempat mencuci tangan dan hand sanitizer, lalu seluruh jemaatnya mengenakan masker serta menjaga jarak. Selain itu, pihak kecamatan melalui kepala lingkungan (Kepling) bersama petugas Bhabinkamtibmas juga tampak berjaga.
Setelah dari Gereja HKBP Pabrik Tenun, Tim menuju Gereja HKBP Distrik X Medan-Aceh, Ressort Pasar Melintang yang terletak di Jalan Buku. Hal yang sama juga menjadi fokus pemantauan Tim Satgas Covid-19 pada gereja ini. Seperti halnya gereja HKBP Pabrik Tenun, gereja ini juga telah menerapkan prokes dengan baik. Begitu juga dengan dua gereja yang disambangi tim setelahnya yakni  Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) Jalan Sriwijaya dan Gereja Santo Antonius Jalan Hayam Wuruk. Kegiatan ini dilaksanakan dengan penuh simpatik, tanpa mengganggu para jemaat yang melaksanakan ibadah.

Sebelum melakukan patroli, para petugas melaksanakan apel di Lapangan Merdeka. Bertindak sebagai pimpinan apel Kasatpol PP Medan, M. Sofyan. Dalam arahannya, dia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memastikan pelaksanaan ibadah Natal sesuai dengan SE Menag Nomor 23 Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Ibadah dan Perayaan Natal di Masa Pandemi Covid-19.
“Sejak 24 Desember malam dan 25 Desember ini kita lakukan pemantauan untuk memastikan agar pelaksanaan ibadah Natal ini tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebelumnya kita juga telah berkoordinasi dengan pihak-pihak gereja agar menaati protokol kesehatan dalam menjalankan ibadah Natal ini,” ujarnya. 
Sofyan mengingatkan agar petugas melakukan tugasnya dengan penuh simpatik dan tidak mengganggu jalannya ibadah. Di samping itu, Sofyan juga berpesan kepada petugas agar menjaga diri agar tidak terpapar oleh Covid-19. “Sebelum memberikan pemahaman kepada orang lain, terlebih dahulu kita yang harus patuh dan menerapkan prokes dengan benar, kita harus menjadi contoh yang baik bagi masyarakat, terlebih tim kita juga terdapat para Duta Perubahan Perilaku yang akan mensosialisasikan penerapan prokes yang benar kepada masyarakat," pesannya. (mar)

Komentar Anda

Terkini