-->

Rapat Pleno Latsitarda Nusantara XLI/2021, Gubernur Berharap Sumut Jadi Tuan Rumah yang Baik

Jumat, 26 Februari 2021 / 04.36

Gubsu Edy Rahmayadi mengikuti Rapat Pleno Latsitarda Nusantara XLI/2021 yang dibuka oleh Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Marsda TNI Tamsil Gustari Malik di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Kamis (25/2/2021). (Foto : Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumut / Imam Syahputra).

MEDAN, KLIKMETRO.COM – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengikuti Rapat Pleno Latihan Integrasi dan Kemitraan Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XLI/2021 yang dibuka oleh Komandan Jenderal (Danjen) Akademi Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsda TNI Tamsil Gustari Malik di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Kamis (25/2/2021).

Dalam sambutannya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan apresiasi atas rencana pelaksanaan Latsitarda Nusantara XLI yang akan digelar di sejumlah kabupaten/kota di Sumut. Karena latihan ini akan diikuti oleh 902 orang taruna dari TNI AD, TNI AU, TNI AL, Akpol, IPDN dan mahasiswa daerah tahap akhir.

 

“Saya minta ini bisa berjalan dengan baik. Banyak yang bisa kita buat untuk memberikan kesan yang baik sebagai tuan rumah. Berbagai fasilitas yang kita miliki seperti lapangan dan lainnya, mana yang bisa digunakan dengan maksimal,” ujar Gubernur.

 

Untuk itu, Gubernur meminta kepada seluruh pihak terkait dalam hal pelaksanaan Latsitarda Nusantara XLI/2021 ini, agar turut serta dan berparan aktif. Mengingat beberapa daerah kabupaten/kota yang ada menjadi tempat berlangsungnya latihan terintegrasi ini.

 

“Semua turun tangan, ada Pangdam I/BB, ada Danlantamal, Pangkosek (Hanudnas III) ada Wakapolda (mewakili Kapolda) di sini. Sehingga nanti Danjen (Akademi TNI) dengan krunya datang ke sini mereka tidak kesulitan lagi. Pastikan ini berjalan dengan baik,” pesan Edy.

 

Selain itu, Edy juga menyarankan agar kegiatan latihan yang masih di masa pandemi Covid-19 ini mengimbau masyarakat untuk sadar dan disiplin protokol kesehatan (prokes). Seperti membagikan masker dan cairan pencuci tangan, serta menyosialisasikan pentingnya menjaga prokes.

 

Sementara itu, Danjen Akademi TNI Marsda TNI Tamsil Gustari Malik menyampaikan harapan atas rencana pelaksanaan Latsitarda Nusantara XLI/2021 yang akan dimulai 29 Maret 2021 hingga 30 April 2021 (mulai dari keberangkatan peserta menuju Sumut). Sebab kondisi Pandemi Covid-19 hingga kini belum dapat dipastikan bagaimana perkembangannya.

 

“Mudah-mudahan situasi mengizinkan. Kondisi Covid-19 tentunya akan sangat mempengaruhi aktivitas masyarakat di semua sendi kehidupan. Karena itu kita siapkan juga antisipasi dan alternatif. Bila 1 April 2021 pandemi Covid-19 sudah menunjukkan tanda mereda, maka tetap akan kita laksanakan di Sumut (seluruh kegiatan),” jelas Danjen Akademi TNI.

 

Adapun lokasi yang akan menjadi tempat pelaksanaan latihan tersebut yakni Kota Medan (pembukaan dan kirab), Gunungsitoli, Deliserdang, Serdangbedagai, Simalungun, Tapanuli Utara, Toba dan Nias Selatan. Beberapa kegiatan di antaranya penyuluhan kesehatan dan bahaya narkoba, bakti sosial serta penanaman nilai juang.

 

Namun, lanjutnya, jika perkembangan Covid-19 masih tinggi, latihan fisik akan dilakukan alternatif yakni di wilayah serta di kampus masing-masing. Sementara untuk latihan non fisik akan dilangsungkan secara virtual.

 

Turut Hadir dalam rapat tersebut Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, Danlantamal I Belawan  Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso, Pangkosek Hanudnas III Marsma TNI Esron SB Sinaga, Sekdaprov Sumut R Sabrina, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Dadang Hartanto, serta sejumlah pejabat dan kepala daerah terkait. (rel/mar)

Komentar Anda

Terkini