-->

Wabup Deli Serdang Musnahkan Ribuan Arsip dan Tanam Pohon

Rabu, 07 April 2021 / 18.26

Wabup Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar melakukan pemusnahan arsip dan penaman pohon.

DELISERDANG, KLIKMETRO.COM - Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar memusnahkan 3794 arsip milik Pemkab Deliserdang yang tidak terpakai. Pemusnahan arsip dilakukan dengan cara dimasukkan ke dalam mesin pencacah milik PT Putra Duta Buana Sentosa Indo Arsip di Desa Sei Rotan, Kecamatan Percut Seituan, Rabu (7/4/2021).

Wabup DS mengatakan arsip adalah salah satu sumber informasi yang penting. Pengelolaan arsip penting dilakukan sesuai dengan kaidah dan peraturan perundang-undangan kearsipan. Pihaknya melakukan pemusnahan arsip-arsip yang sudah lama tak terpakai, agar tidak disalahgunakan.

"Program pemusnahan ini akan menyelamatkan penyalahgunaan arsip dari pihak yang tidak bertanggungjawab, namun pemusnahannya haruslah dilakukan sesuai dengan kaidah Kearsipan dan prosedur atau peraturan yang telah ditetapkan agar hasilnya dapat dipertanggungjawabkan,” tegas Wabup.

Sementara, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Deliserdang Drs H Misran Sihaloho,MSi, dalam laporannya menjelaskan bahwa arsip Pemkab Deliserdang yang dimusnahkan itu adalah berkas arsip retensi dibawah 10 tahun terdiri dari urusan Kepegawaian kurun waktu tahun 1980 sampai 1986 sebanyak 1544 berkas, urusan Keuangan kurun waktu tahun 1931 sampai 1999 sebanyak 2132 berkas dan urusan Umum kurun waktu tahun 1980 sampai 2007 sebanyak 118 berkas.

Pimpinan PT Putra Duta Buana Sentosa Indo Arsip Hari Murtiadi SSos dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkab Deliserdang yang telah memberi kepercayaan untuk memusnahkan arsip Pemkab Deliserdang dengan cara yang baik dan benar bahkan tidak bisa dikenali lagi serta dijaga kerahasiaannya. 

Turut menyaksikan pemusnahan arsip tersebut, Dinas Perpustakaan Arsip Propinsi Sumatera Utara, Kadis Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Deli Serdang H.Misran Sihaloho Msi, Dinas Perkim, Dinas Pendidikan serta OPD lainnya. Hadir sebagai tian rumah Camat Percut Sei Tuan yang diwakili Sekcam Drs Nasib Solihin MAP, Danramil Pst Mayor ARH M.Rizal, Korwil Dinas Pendidikan Juniser Siregar MPD, Kades Sei Rotan Swandi MS serta undangan lainnya.

Acara ditutup dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Wabup Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar serta penyerahan cenderamata. (lubis)

Komentar Anda

Terkini