Nias Diguncang Gempa Magnitudo 3,9, Warga Panik

Kamis, 02 September 2021 / 10.28

Ilustrasi 

NIAS, KLIKMETRO.COM - Kepulauan Nias, tepatnya di kawasan Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara diguncang gempa berkekuatan 3,9 Magnitudo (M), Rabu (1/9/2021) petang.

Guncangan gempa ini sempat menimbulkan ketakutan warga yang kuatir akan terjadi bencana tsunami. Warga sempat panik dan berhamburan keluar dari rumah, karena getarannya terasa kuat.

“Terasa cukup kuat memang tadi. Kami sempat ke luar rumah. Khawatir ada Tsunami, maklum kami di pinggir laut,” kata warga Nias Selatan, Jalaludin Lase.

Namun, kekhawatiran Jalaludin dan warga Nias Selatan lainnya berangsur hilang setelah ada penjelasan dari pihak desa.

“Tadi ada orang dari kantor desa bilang tidak ada, baru kami tenang. Anak saya di Gunung Sitoli pun telephone. Tanya bagaimana kondisi di sini. Di sana katanya terasa gempa,” ujar Jalaludin. 

Tak hanya di Nias Selatan dan Kepuluan Nias, gempa tersebut juga terasa hingga ke Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara. Meski tak terlalu kuat, warga di sana juga berhamburan ke luar rumah. 

“Saya tadi masih di kantor. Tiba-tiba terasa goncangan. Langsung lari lah keluar. Ternyata di luar juga sudah ramai orang berhamburan,” kata Jayadi Nasution, salah seorang pengacara yang berkantor di Panyabungan, Madina. 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi pukul 17:05:05 WIB.

Pusat gempa berada di kedalaman 29 kilometer pada koordinat 0.67 LU-98.52 BT atau sekitar 79 kilometer arah Timur Laut Kabupaten Nias Selatan. (in)
Komentar Anda

Terkini