-->

Atlit Tarung Derajat Tebingtinggi Raih Perak di PON XX Papua

Rabu, 13 Oktober 2021 / 20.04

Atlit Tarung Derajat asal Tebing Tinggi Muhammad Rizki Firdaus meraih medali perak di PON XX Papua. Amrizal/klikmetro

TEBING TINGGI, KLIKMETRO.COM - Di ajang Pekan Olahraga Nasioanl (PON) ke XX di Papua 2021 kali ini, Kota Tebingtinggi Sumatera Utara (Sumut) wajib bangga, karena salah satu atlit dari cabang olah raga Tarung Derajat berhasil meraih perak dalam pertandingan final, Selasa (12/10/2021) kemarin dengan lawan tanding atlit dari Bali di kelas 64,1 - 67 Kg.

Peraih mendali perak pada cabor Tarung Derajat tersebut adalah Muhammad Rizky Firdaus, merupakan anak ke 6 dari 7 bersaudara dari pasangan Samdani (ayah) dan Elly Yunara (ibu), warga Jalan Gunung Krakatau, Lingkungan III, Kelurahan Rantau Labang Kecamatan Rambutan Kota Tebingtinggi.

Mahasiswa semester terakhir di Universitas Medan Area penyandang sabuk biru (kurata 5) ini bisa ikut PON karena ketekunannya berlatih beladiri Tarung Derajat sejak dirinya masih duduk di kelas I Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Kota Tebingtinggi hingga sekarang dengan sabuk biru (kurata lima istilah di tarung Derajat).

Hal inilah yang dijelaskan Ihkwanul Habibi, Spd selaku pelatih yang juga selaku ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Cabor Tarung Derajat Kota Tebingtinggi, pada Rabu (13/10/2021).

Dan keberhasilannya bisa mengikuti PON ke XX 2021 di Papua 2021 merupakan sebuah kebanggaan bagi dirinya, maupun Pencab Tarung Derajat Kota Tebingtinggi juga Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tebingtinggi selaku induk seluruh cabang olahraga.

Dikatakan Habibi juga dimana atlitnya (Mhd. Rizky Firdaus..red) berhasil lolos masuk semi final, berkat do’anya masyarakat Kota Tebingtinggi melalui KONI hingga Rizky berhasil lolos masuk final.

“Kemarin kita juga meminta do’a kepada warga Kota Tebingtinggi melalui KONI agar mendoakan Rizky lolos masuk Final, itu setelah Rizky berhasil masuk ke semi final, dan alhamdulillah atlit kita menang saat bertanding di semi final,” kata Habibi banagga.

Dan berkat do’a dari masyarakat Kota Tebingtinggi dan para insan olahraga kota Tebingtinggi akhirnya Rizky berhasil lolos masuk final berhadapan dengan I Made Ardi Arimbawa dari Bali di kelas 64,1-70 kg.

Dimana lawan tanding Rizki I Made Ardi Arimbawa merupakan atlit yang sudah memiliki jam terbang yang tinggi ketimbang Rizky Firdaus.

“Meski tak berhasil meraih emas, tapi kita sudah merasa bangga, karena ini sebuah prestasi yang sangat berharga dan ini menjadi sebuah kebangga bagi kamai Taarung Derajat Kota Tebingtinggi, karena ini adalah sejarah di Kota Tebingtinggi,” jelas Habibi.

Sementara itu Ketua KONI Kota Tebingtinggi, Parlindungan, SE merasa bangga karena salah satu atlit dari Kota Tebingtinggi yang berhasil lolos mengikuti ajang bergengsi PON XX 2021 di Papua bisa berhasil membawa pulang mendali tanpa tangan kosong.

Hal tersebut menunjukkan kalau olahraga di Kota Tebingtinggi mulai berkembang dan bisa menyaingi daerah lain. Keberhasilan atlit Tarung Derajat atas nama Muhammad Rizki Firdaus bisa menjadi penyemangat bagi seluruh atlit-talit kota Tebingtinggi khususnya pada Cabor Tarung Derajat.

“Dengan berhasilnya Muhammad Rizki Firdaus menyabet mendali perak saat bertanding dengan atlit tarung derajat dari Bali, bisa memotifasi talit-atlit yang lain khususnya bagi atlit Tarung Derajat yang lain,” ucap Parlidungan SE yang akrab di panggil Koko.(amr)

Komentar Anda

Terkini