-->

Peletakan Batu Pertama Renovasi Masjid Ikhlasiyah, Wabup DS : Jadikan Pusat Kegiatan Umat

Jumat, 19 November 2021 / 19.45

Wabup Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar menyampaikan sambutan saat peletakan batu pertama renovasi Masjid Ikhlasiyah. (Kominfo DS)

TANJUNG MORAWA, KLIKMETRO.COM - Wakil Bupati Deli Serdang H.M. Ali Yusuf Siregar Menghadiri Peletakan Batu Pertama renovasi Pembangunan Masjid Ikhlasiyah di Dusun V Desa Bandar Labuhan Kecamatan Tanjung Morawa, Selasa (16/11/2021).

Turut hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Heriansyah Siregar, ST, Sekretaris Dinas Kominfo Deli Serdang Syafii Sihombing, mewakili dari Kabag Kesra, Camat beserta Muspika, Kades Bandar labuhan, Ketua KUA Tanjung Morawa Dr H Kamaludin, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta tokoh pemuda. 

Pada kesempatan tersebut, wabup mengatakan, masjid bukan hanya berperan sebagai tempat beribadah semata, melainkan juga sebagai tempat pusat kegiatan umat islam dalam menyebarkan nilai-nilai persatuan, kesatuan, persaudaraan dan kerukunan.

Lanjut Wabup, masjid ini dapat dimanfaatkan menjadi pusat kegiatan umat dalam mempererat ukhuwah islamiyah dan bersama-sama memakmurkan Masjid Ikhlasiyah ini, dengan menjadikannya sebagai tempat pengedukasian kajian ilmu islam. Selain itu, masjid juga berperan dalam membangun budaya umat dan pengembangan kehidupan sosial kemasyarakatan lainnya.

“Kita patut bersyukur, berkat partisipasi dan sumbangsih yang telah diwujudkan oleh segenap donatur serta semua pihak, hari ini peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Ikhlasiyah dilaksanakan,"ucapnya.

Wabup berharap, setelah peletakan batu pertama ini, renovasi pembangunan Masjid Ikhlasiyah ini nantinya dapat terselesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Kita juga harus berkeyakinan bahwa pembangunan ini akan selesai sesuai dengan perencanaan.

Sebelumnya Ketua BKM Masjid Ikhlasiyah Herwandi menjelaskan, Masjid Ikhlasiyah  adalah Masjid yang dibangun oleh masyarakat Desa Bandar Labuhan pada tahun 60 an, diatas tanah wakaf dari Alm Amir Hamzah. Masjid Ikhlasiyah juga sudah mengalami beberapa kali pemugaran, dan kali ini dilakukan renovasi Pembangunan yang dikarenakan daya tampung Masjid ini tidak lagi mencukupi untuk menampung jamaah sholat, terutama pada waktu sholat jum'at dan pada perayaan hari besar islam.

Herwandi juga mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam renovasi pembangunan Masjid Ikhlasiyah. Diantaranya, daya tampung Masjid sudah tidak lagi mencukupi untuk menampung jamaah sholat, kemudian melihat kondisi fasilitas masjid masih kurang memberikan keamanan dan kenyamanan kepada jamaah. 

"Sesuai amanat yang diberikan untuk mengurus masjid ini agar memberikan rasa nyaman dan aman kepada jamaah, karena masjid ini berada di jalan lintas Desa Bandar Labuhan yang menghubungkan beberapa desa dan Kecamatan STM Hilir hingga banyak masyarakat yang lewat dan singgah di masjid ini, maka pelayanan yang terbaik Insyaallah akan diberikan,"pungkasnya. (lbs)

Komentar Anda

Terkini