-->

Sering Kebanjiran, Warga Desa Cinta Damai Minta Dinas Perkim Deli Serdang Segera Perbaiki Pintu Air

Jumat, 04 Maret 2022 / 10.39

Akibat rusak pintu air, warga Desa Cinta Damai sering kebanjiran. (f-ist)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Guyuran hujan deras yang berlangsung sore hingga pukul 17.00 wib  mengakibatkan sejumlah ruas jalan Percut tergenang air, Minggu 27 Februari 2022. Bahkan debit air mencapai betis orang dewasa dan ada juga tidak bisa dilintasi masyarakat.

Desa Cinta Damai ada 19 rumah tangga yang terkena banjir di dekat sungai Percut dan sampai pintu kelp drainase pecah yang terletak jalan juta Bakkara dusun 2 Desa Cinta Damai, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang.

Kepala Desa (Kades) Cinta Damai J Josevina Tambunan melalui Kepala dusun 2 Robinson Manulang mengatakan, beberapa waktu lalu dinas perkim telah memasang pintu klep drainase. Namun masih 3 bulan sudah pecah pintu klepnya.

"Kami minta agar Dinas Perkim kembali memperbaiki pintu air yang ada di drainase Dusun 2 Desa Cinta Damai,"ujar kadus, dikutip Jumat (4/3/2022).

Akibat kerusakan itu, sejumlah kawasan di desa cinta damai yang sebelumnya langganan banjir, kembali mengalami hal sama pasca hujan deras melanda selama beberapa jam.

Peristiwa kebanjiran pada hari itu aparat Desa cinta damai , kepala desa cinta damai,kaur, Kadus langsung bergerak cepat untuk mengatasi kebanjiran tersebut  dengan mengajak masyarakat bergotong royong untuk menyumbat yang masuk dari sungai percut ke permukiman warga dan Kepala Desa Cinta Damai memberikan bantuan makanan nasi bungkus ke masyarakat sebanyak 200 bungkus. 

Amatan wartawan dilapangan kondisi Tingginya debit air tak hanya membuat jalanan tergenang, namun juga masuk ke rumah warga. Seperti di Dusun 2 desa cinta damai di desa Percut  Luapan air memasuki rumah-rumah sehingga menimbulkan kepanikan warga.

"Keliling banjir sampai masuk ke rumah. Gak surut-surut dari tadi. kami Masyarakat mengharapkan agar pintu klep yang posisinya sekarang di luar tanggul, supaya dipindahkan ke dalam tanggul agar lebih efektif.

Kami masyarakat mengharapkan kepada pemerintah Deli Serdang tolong kami lihat sekarang di pasang pintu kelp drainese yang sudah pecah,"ujar warga.

Camat Percut Sei Tuan Ismail SSTP MSP kepada wartawan mengatakan via telepon mengharapkan kepada Dinas perkim kabupaten Deli serdang untuk segera memperbaiki pintu air klepnya yang ada di drainase di desa Cinta Damai  kecamatan Percut sei tersebut.

Hal itu juga disampaikan warga kepada Anggota DPRD kabupaten Deli Serdang Dosiraja Simarmata SH MSI saat menggelar reses di Desa Cinta Damai. "Nanti saya sampaikan ke perkim biar dicek mereka, biar diperbaiki pintu klepnya. Satu minggu siap diperbaiki itu," kata Dosiraja kepada wartawan.(hot)

Komentar Anda

Terkini