-->

Afandin Serahkan Tunggul Kecamatan Terbaik dan Bansos Rp 6 Miliar Lebih

Kamis, 08 September 2022 / 17.56

Plt Bupati Langkat H Syah Afandin memberikan dana bansos dan penyerahan tunggul kecamatan terbaik.(f-kominfo langkat)

LANGKAT, KLIKMETRO.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H Syah Afandin SH pimpinan upacara penyerahan tunggul kecamatan terbaik tahun 2022 tingkat Kabupaten Langkat,  di Lapangan Venus Komplek Pertamina Pangkalan Brandan Kecamatan Sei Lepan, Langkat, Kamis (8/9/2022).

Giat itu dirangkaikan penyerahan bantuan sosial (Bansos) sebesar Rp6,181,700,000 (enam miliar lebih) kepada 4.297 bilal mayit, 5.151 penggali kubur dan 5.129 abang becak se Langkat. 

Plt Bupati Langkat pada amanatnya berharap kepada para Camat di Langkat menjadi ujung tombak dan perpanjangan tangan di lapangan. Agar mampu menterjemahkan dan melaksanakan semua kebijakan yang telah digariskan dengan penuh tanggungjawab. 

"Kami dapat memahami bahwa tugas sebagai Camat demikian kompleks dan beragam. Jadi saya minta keseriusan dan tanggung jawabnya," sebutnya. 

Selain itu, kata Afandin seorang Camat dituntut tanggap dan piawai dalam menyelesaikan berbagai masalah yang muncul di masyarakatnya yang heterogen. Mampu melahirkan inovasi dan terobosan baru, serta menjaga harmonisasi dengan berbagai pihak dan elemen masyarakatnya.

"Kabupaten Langkat sebagai sebuah sistem yang berasal dari sub sistem Pemerintah Kecamatan, maka keberhasilan Pemerintah Kecamatan menjadi ukuran keberhasilan Pemkab Langkat dalam melayani warganya," jelasnya. 

"Oleh karenanya, Camat sebagai perpanjangan tangan kepala daerah di kecamatan harus benar benar mengetahui tugas pokok dan fungsinya. Sehingga masyarakat dapat merasakan kehadiran pemerintah daerah di kecamatan melalui kepemimpinan camat," tambahnya. 

Terkait penilaian kecamatan terbaik, sambung Afandin, ini bermaksud menumbuh kembangkan semangat berkompetisi menjadi yang terbaik dalam pelayanan. Sekaligus sebagai alat evaluasi pemerintah terhadap kinerja Camat.

Diketahui bertindak sebagai perwira upacara, Kabag Tapem H Surianto SSos. Sebagai pemimpin upacara, Camat Pangkalan Susu T Syafrie Elza Hadi Prawira SSTP MAP. 

Peserta upacara pejabat dijajaran Pemkab Langkat, Anggota DPRD Langkat Samsul Rizal Bay (Samrai) dari Fraksi PAN dan Dedi (Ucok Palang) dari Fraksi BPI, Tokoh Masyarakat H.Udin Dolok, mewakili Dan Sub Denpom Peltu M Zaini, Wakapolsek Brandan Kapolsek Berandan Iptu Jekson, mewakili Cabang Kejaksaan Kabupaten Langkat di Pangkalan Berandan Agung Potas SKom, mewakili Danramil 13/PB Serda Kodrat, Camat dan Lurah se- Langkat. 

Serta satu (1) peleton personil Yonif 8 Marinir Harimau Putih, Tim Penggerak PKK, Paskibraka Kecamatan Sei Lepan, Pramuka, Siswa SMA dan SMK Darma Patra Pangkalan Brandan, Pesantren Al Habib Pangkalan Brandan dan masyarakat. 

Berikut data juara Kecamatan terbaik:

1.Kecamatan Sei Lepan dengan jumlah nilai 998 dan rata-rata 76,77 sebagai peringkat pertama. 
2.Kecamatan Sawit Sebrang dengan jumlah nilai 963 dan rata-rata 74,08 sebagai peringkat kedua 
3.Kecamatan Besitang dengan jumlah nilai 942 dan rata-rata  72,46 sebagai peringkat ketiga. 
4.Kecamatan Batang serangan dengan jumlah nilai 925 dan rata-rata 71,15 sebagai peringkat keempat.
5.Kecamatan Selesai dengan jumlah nilai 924 dan rata-rata 71,08 sebagai peringkat kelima
6.Kecamatan Kutambaru dengan jumlah nilai 820 dan rata-rata 63,08 sebagai peringkat keenam. 

Juara tingkat Kelurahan terbaik sebagai berikut:

1.Kelurahan Tanjung Selamat dengan nilai instrumen 331 nilai evaluasi 883 jumlah 1.214 sebagai peringkat pertama. 
2. Kelurahan Kuala Begumit dengan nilai instrumen 314 nilai evaluasi 803 jumlah 1.117 sebagai peringkat kedua. 
3.Kelurahan Bingai dengan nilai instrumen 307 nilai evaluasi 800 jumlah 1.107 sebagai peringkat ketiga. 
4.Kelurahan Brandan Timur nilai instrumen 323 nilai evaluasi 762 jumlah 1085 sebagai peringkat keempat. 
5.Kelurahan Bela Rakyat nilai instrumen 322 nilai evaluasi 76 jumlah 1082 sebagai peringkat kelima. 
6.Kelurahan Paya mabar dengan nilai instrumen 277 nilai evaluasi 757 jumlah 1034 sebagai peringkat keenam. 

Para pemenang mendapatkan tropi, pelakat dan piagam penghargaan. Bagi peringkat pertama selanjutnya menyiapkan administrasi untuk mengikuti tingkat Provinsi mewakili Langkat. 

Pengumuman pemenang itu sesuai dengan Keputusan Bupati Langkat nomor: 138- 37/K/2022 tentang penetapan juara lomba kecamatan terbaik tingkat Kabupaten Langkat Tahun 2022.(ks)
Komentar Anda

Terkini