H Timur Tumanggor Resmi Dilantik jadi Sekda Deli Serdang

Selasa, 01 November 2022 / 17.38

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan melantik H  Timur Tumanggor sebagai Sekdakab. (f-kominfo deli serdang)

LUBUK PAKAM, KLIKMETRO.COM - Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan resmi melantik H Timur Tumanggor SSos MAP menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang di Aula Cendana, Lantai II, Kantor Bupati Deli Serdang, Selasa (1/11/2022).

H Timur Tumanggor sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Deli Serdang, menggantikan Sekda sebelumnya, Darwin Zein SSos yang memasuki masa pensiun atau purna tugas per 1 November 2022. 

Dalam sambutannya, Bupati menegaskan jabatan Sekda adalah jabatan yang sangat strategis, karena merupakan jabatan karier tertinggi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah.

"Dalam penempatan seseorang pada jabatan ini, tentu banyak aspek harus dinilai dan dipertimbangkan, yang didasarkan atas prestasi, dedikasi, loyalitas, kemampuan dalam memimpin, mengatur, mengendalikan dan mengoordinasikan kegiatan yang bersifat teknis maupun non teknis," ujar Bupati.

Selain itu juga harus melalui seleksi terbuka dan kompetitif sesuai amanat Undang-Undang (UU) No.5 Tahun 2014 Tentang ASN. Dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan, pelatihan, rekam jejak jabatan, integritas serta persyaratan jabatan lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Kepada Sekretaris Daerah yang baru dilantik, saya berpesan agar menjaga amanah ini dengan sebaik-baiknya. Karena terpilihnya saudara sebagai Sekretaris Daerah, dalam proses pemilihannya, telah melewati seleksi terbuka, proses evaluasi, pertimbangan yang matang serta penilaian yang objektif, sebagai dasar penempatan," pesan Bupati.

Jabatan sekretaris daerah ini, sambung Bupati, adalah titik sentral dalam organisasi pemerintah kabupaten. Maka, harus melakukan koordinasi dan komunikasi yang produktif terhadap seluruh institusi, baik internal maupun eksternal. 

"Fokuslah pada tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang sudah diamanahkan. Miliki jiwa disiplin yang tinggi dan jadilah pamong yang memberikan rasa aman, nyaman, tenteram kepada seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang," sambung Bupati.

Sekda, kata Bupati lagi, harus mampu mengoptimalkan semua potensi ASN yang dimiliki dengan prinsip birokrasi yang cepat, tepat, akurat, namun tetap taat asas. 

Mengembangkan sistem penilaian kerja berbasis kinerja dan memberikan kesempatan pada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menyampaikan argumentasi.

Selalu membangun koordinasi dan hubungan kerja yang baik dengan seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Deli Serdang, untuk mengembangkan kebijakan daerah dan kelancaran dalam menghadapi hambatan tugas pembangunan dan pemerintahan. 

"Jadikan momentum pelantikan ini sebagai langkah awal untuk memulai pelaksanaan tugas saudara dan berikan pengabdian terbaik saudara bagi kabupaten yang kita cintai ini," tegas Bupati.

Di kesempatan itu pula, Bupati memberikan apresiasi kepada Sekda Deli Serdang sebelumnya, Darwin Zein SSos yang hadir pada pelantikan tersebut.

"Kepada Bapak Darwin Zein dan ibu, saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tulus atas kontribusinya bagi Pemerintah Kabupaten Deli Serdang. Saya berharap agar silaturahim dan hubungan baik yang terbina selama ini dapat kita lanjutkan, bahkan lebih ditingkatkan," tutup Bupati.

Turut hadir pada pelantikan tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar; Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Deli Serdang, Jabal Nur SH MH; Dandim 0204/DS, Letkol CZi Yoga Febrianto SH MSi; Wakapolresta Deli Serdang, AKBP Agus Sugiyarso SIK; Wakil Ketua DPRD Deli Serdang, Amit Damanik; Wakil Ketua Pengadilan Agama (PA) Deli Serdang, Hj Dian Ingrasanti Lubis SAg SH MH; dan para asisten, staf ahli, kepala OPD, seluruh camat, dan lainnya.

Hadir pula, mantan Sekda Deli Serdang, Zainuddin Mars; Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pratama Sekretaris Daerah Deli Serdang; dan undangan lainnya. (lbs)

Komentar Anda

Terkini