Polres Sibolga Tangani 349 Kasus Konvesional Sepanjang 2022

Jumat, 30 Desember 2022 / 21.25

Kapolres Sibolga AKPB Taryono Raharja saat menggelar konferensi pers di Mapolres Sibolga. (ft-ist)

SIBOLGA, KLIKMETRO.COM - Kapolres Sibolga, AKBP Taryono Raharja mengungkapkan peningkatan dan penguatan fungsi layanan kepada masyarakat, termasuk penanganan kasus tindak pidana dan kejahatan di wilayah hukumnya sepanjang 2022.

“Kasus kejahatan paling dominan sepanjang 2022 adalah kejahatan konvensional yang tercatat sebanyak 349 kasus,” ujar Taryono pada konferensi pers akhir 2022, di Mapolres Sibolga, Jumat (30/12/2022).

Kapolres memaparkan, bahwa kasus tindak pidana paling menonjol di antaranya, kasus ledakan bom ikan di Tangkahan UD Baringin, kasus penyalahgunaan BBM jenis solar, kasus sisik trenggiling, dan juga kasus dugaan pembunuhan di Hotel Bona Pasogit Sibolga yang sampai saat ini masih ditangani.

“Ada juga kasus narkoba dengan barang bukti 85,95 gram sabu. Tersangkanya inisial TCH, dan ini merupakan tangkapan terbesar di Polres Sibolga,” ucapnya.

Menurut Taryono, jumlah kejahatan yang dilaporkan (crime total) di periode 2022 mengalami peningkatan 45 kasus (11,39%). Demikian dengan penyelesaian tindak kejahatan (crime cleareance) juga meningkat 12 kasus (11,39%) dibanding 2021.

Taryono mengatakan, sepanjang 2022, pihaknya juga berhasil menyelesaikan 71 kasus melalui proses dialog dan mediasi (restorative justice).

Di bidang pelayanan masyarakat, Polres Sibolga juga melakukan penguatan fungsi layanan online di antaranya, aplikasi signal yang memudahkan masyarakat membayar pajak, SKCK online, layanan call center WhatsApp di nomor 08116512003 yang buka 24 jam. 

“Layanan call center WhatsApp ini terhubung langsung dengan nomor saya dan para pejabat utama Polres Sibolga. Jadi setiap ada laporan, kami langsung mengetahui,” jelasnya.

Dari sistem pelayanan online tersebut, Polres Sibolga mencatat 99,51% kinerja survei kepuasan masarakat dengan 1.933 responden.

Terkait kesiapan untuk malam tahun baru 2023, Polres Sibolga bekerja sama dengan Forkopimda membuka 1 pos pengamanan, 1 pos pelayanan dan 3 pos terpadu. Totalnya 265 personel yang disiagakan.

Sementara itu, Asisten I Pemko Sibolga, Joshua Hutapea mengapresiasi capaian kinerja Polres Sibolga di bawah kepemimpinan AKBP Taryono Raharja. Dia juga mengakui, koordinasi bersama Polres Sibolga senantiasa berjalan dengan baik.

Wakil ketua DPRD Sibolga, Jamil Zeb Tumori juga mengaku salut dan bangga dengan kinerja Polres Sibolga tersebut. Menurutnya penanganan kasus secara restorative justice merupakan langkah bijak dalam penyelesaian sebuah perkara. (riz)

Komentar Anda

Terkini