Antisipasi Kemacetan di Sekitar Lokasi HPN, Pemprov Sumut Siapkan Langkah Ini

Jumat, 27 Januari 2023 / 11.58

Rapat kordinasi kesiapan panitia bidang transportasi HPN 2023 di Kantor Dinas Perhubungan Sumut. (ft-kominfo sumut)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Guna menghindari kemacetan di seluruh titik sekitar kawasan pelaksanaan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023, Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumatera Utara (Sumut), telah menyiapkan berbagai langkah. Mulai dari manajemen rekayasa arus lalu lintas, hingga menyiapkan kantong-kantong parkir.

Menurut, Ketua III Panitia Daerah HPN 2023, yang juga Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sumut Faisal Arif Nasution, langkah tersebut mesti dilakukan mengingat jumlah tamu yang akan hadir ribuan orang. Ia menyontohkan lokasi acara puncak HPN di Gedung Serbaguna Pemprov Sumut, Jalan Pancing, Deliserdang akan hadir Presiden Republik Indonesia, Menteri, Gubernur se-Indonesia, para Duta Besar, bupati/walikota se-Sumut, hingga wartawan se-Indonesia. 

"Di Jalan Pancing pada hari puncak nanti, Dinas Perhubungan (Dishub) Sumut dan Kota Medan,  serta Ditlantas Polda Sumut akan melaksanakan manajemen dan rekayasa lalu lintas sepanjang ruas jalan menuju lokasi," kata Faisal, usai rapat koordinasi kesiapan panitia bidang transportasi pada HPN 2023 di Kantor Dinas Perhubungan Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan, Kamis (26/1/2023).

Selain itu, Faisal juga mengatakan, pengamanan lalu lintas pun akan dilakukan, oleh unsur Polri, Dishub Sumut, Dishub Kota Medan, Dishub Deliserdang dan Satpol PP Pemprov Sumut. Penambahan fasilitas parkir pun akan dilakukan di sekitar kawasan acara. 

Tidak hanya di Jalan Pancing, antisipasi kemacetan juga akan dilakukan di sekitar kawasan Rumah Dinas Gubernur. Di lokasi ini, nantinya akan diadakan acara welcome dinner yang akan dihadiri Gubernur se-Indonesia. 

Selain itu, ada berbagai kegiatan HPN lain di berbagai titik di Medan, Deliserdang, dan Simalungun. Di antaranya seminar internasional trade, tourism and investment forum for North Sumatera yang akan dihadiri 13 Duta Besar di Hotel Santika, Medan. Kemudian Seminar Dana Bagi Hasil Perkebunan untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Daerah di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubernur yang akan dihadiri oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia. 

"Juga 13 Duta Besar itu akan ada city tour ke Gedung Dekranasda, Masjid Kota Maksum dan Istana Maimun Kota Medan, untuk itu perlu diatur semuanya, untuk memberikan kesan terbaik bagi tamu yang datang ke Sumut," kata Faisal.

Adapun rangkaian kegiatan HPN 2023 di Sumut di antaranya Pameran HPN 2023 dan Pameran Tiga Abad Surat Kabar Indonesia di Komplek Astaka Pemprov Sumut pada 7-12 Februari, Kongres Ke XXVI SPS dan Seminar SPS di  Ballroom Hotel Arya Duta pada  7 Februari,  Diskusi Anugerah Kebudayaan di Hotel Santika Dyandra pada 7 Februari, Seminar Internasional : Disrupsi Digital dan Tata Ulang Ekosistem Media Yang Berkelanjutan di Amarilis Room – Hotel Grand Mercure, pada 7 Februari.

Selanjutnya, Seminar Seruan Pers dari Sumatera Utara: Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat dan Seminar Anugerah Jurnalistik Adinegoro di Ballroom Hotel Grand Mercure pada 7 Februari, Workshop Literasi Digital: Media Sosial Dan Entrepreneurship Untuk Generasi Milenial di Aula Fisip – USU pada 7 Februari, Rakernas IKWI dan Bakti Sosial di Hotel Khas Parapat pada 7 – 8 Februari, Konvensi Nasional Media Massa akan digelar di Ballroom Hotel Grand Mercure Medan pada 8 Februari, Seminar Olahraga “Strategi Sumut Dan Aceh Meningkatkan Prestasi Olahraga Dan Kebangkitan Ekonomi Daerah“ dan Rakernas SIWO di Ballroom Hotel Santika Medan pada 8 Februari. Terakhir, Tour Danau Toba bagi Peserta HPN  di Hotel Khas Parapat pada 9 – 10 Februari. (rel)


Rapat koordinasi kesiapan panitia bidang transportasi pada HPN 2023 di Kantor Dinas Perhubungan Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan, Kamis (26/1). (ft-kominfo sumut)

Komentar Anda

Terkini