Sambut HPN 2023, Forwakes Sumut Gelar Donor Darah, Seminar Stunting dan Cek Kesehatan Gratis

Jumat, 03 Februari 2023 / 09.42

Forwakes Sumut gelar donor darah, seminar stunting dan cek kesehatan gratis. (ft-ist)

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Guna menyemarakkan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 yang berlangsung di Kota Medan, Forum Wartawan Kesehatan (Forwakes) Sumut menggelar sejumlah kegiatan di Gedung PWI Sumut Parada Harahap Jalan Adinegoro No. 4 Medan, Senin (6/1/2023).

Kegiatan dimaksud berupa donor darah, Seminar Edukasi Pencegahan Stunting dan pemeriksaan cek kesehatan gratis. Dalam kegiatan ini, Forwakes Sumut bekerja sama dengan Pemprov Sumut, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut, Palang Merah Indonesia (PMI) Medan dan Kalbe Farma.

"Alhamdulillah, kegiatan sosial ini mendapat sambutan positif dan dukungan dari Wagub Sumut Pak Ijeck (Musa Rajekshah), PWI Sumut dan PMI Medan serta Kalbe Farma," ujar Ketua Forwakes Sumut Mahbubah Lubis, Kamis (2/2/2023). 

Kegiatan sosial ini, lanjut Mahbubah, berawal dari kepedulian kawan-kawan Forwakes Sumut tentang stok darah dan kasus Stunting di Sumut. 

"Kita ingin membantu PMI untuk mengantisipasi kekurangan stok darah di Sumut, sebab sebentar lagi kita akan memasuki bulan Puasa Ramadhan, biasanya jumlah pendonor itu berkurang. Kemudian Stunting, pemerintah kita saat fokus melakukan intervensi penurunan kasus stunting. Nah, kita selaku wartawan yang berkecimpung pada liputan kesehatan ingin memberikan kontribusi membantu pemerintah dalam menjalankan program tersebut," sebutnya.

Dikatakannya, peserta aksi donor darah itu berasal dari kalangan wartawan anggota PWI dan organisasi pers lainnya serta masyarakat umum yang akan berlangsung pukul 9 sampai 13.00.

"Sedangkan untuk seminar Edukasi Stunting kita mengundang adik-adik siswa dan mahasiswa. Kenapa remaja? Kita harapkan mereka menjadi ujung tombak untuk menyampaikan informasi tentang pencegahan Stunting kepada masyarakat. Kemudian, mereka inikan calon-calon orangtua yang akan memiliki anak, dengan memberikan edukasi sejak dini, mereka akan paham cara pencegahan stunting saat memiliki anak," tandasnya. (sit)

Komentar Anda

Terkini