Stok Kebutuhan Pokok Jelang Ramadan Aman, Harga Relatif Stabil

Sabtu, 18 Maret 2023 / 06.28

Wabup Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar meninjau harga bahan pokok di pasar tradisional Deli Mas, Lubuk Pakam. (ft-kominfo deli serdang)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM - Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Pasar Tradisional Deli Mas, Kecamatan Lubuk Pakam, Jumat (17/3/2023). 

Sidak dilakukan untuk mengetahui harga dan ketersediaan bahan pokok menjelang bulan suci Ramadan 1444 Hijriyah. Selain itu, Wabup bersama Kasat Reskrim Polresta Deli Serdang, Kompol I Kadek Heri Cahyadi SH SIK MH; Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H Khoirum Rijal ST MAP dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Deli Serdang, meninjau ketersediaan minyak goreng di PT Salim Ivomas Pratama, Jalan Sudirman, No.82, Kelurahan Lubuk Pakam Pekan, Kecamatan Lubuk Pakam. 

Wabup mengatakan dari hasil sidak dan peninjauan itu, harga-harga kebutuhan pokok masih relatif stabil, meski ada beberapa yang mengalami kenaikan. Namun, kenaikan tersebut tidak terlalu signifikan.

"Setelah bertanya kepada pedagang, saya mendapat informasi ada beberapa jenis barang yang naik, seperti garam. Tapi masih terkendali. Secara umum, stok bahan pokok untuk menghadapi bulan puasa dan lebaran cukup," jelas Wabup.

Peninjauan di PT Salim Ivomas Pratama, sambung Wabup, untuk melihat sejauh mana stok minyak goreng curah.

"Stok (minyak goreng) masih aman untuk menghadapi bulan puasa dan lebaran tahun ini, hargapun masih stabil," kata Wabup lagi. 

Wabup menegaskan, jika nantinya harga bahan pokok mengalami lonjakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang akan melakukan operasi pasar.

"Pengalaman dari tahun-tahun lalu, bila ada kenaikan atau melonjaknya harga bahan pokok, Pemkab Deli Serdang melalui TPID-nya menggandeng beberapa perusahaan untuk melakukan operasi pasar di beberapa lokasi/daerah yang mengalami kenaikan harga," pungkas Wabup.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Deli Serdang, Putra Jaya Manalu SE MM. "Pengertian tersedianya stok adalah tersedianya barang, tetapi terjangkau. Jangan tersedianya barang, namun mahal," katanya.

Kepada distributor penyedia bahan pokok di Deli Serdang juga sudah diwanti-wanti agar tidak melakukan penimbunan barang.

"Kami juga sudah bekerjasama dengan kepolisian, tidak ada satupun di antara distributor ataupun gudang yang menimbun barang dan sekaligus mengharapkan barang tersedia, harga terjangkau dan kualitas barang layak dikonsumsi, sehingga pada saat bulan Ramadan berjalan dengan lancar," tegasnya. (lbs)

Komentar Anda

Terkini