Polisi Dalami Penyebab Kebakaran Vihara Avalokitesvara Sibolga

Selasa, 19 September 2023 / 17.20

Polres Sibolga masih melakukan penyelidikan terkait kebakaran yang melanda Vihara Avalokitesvara, Senin malam (18/9/2023). (ft-ist)

SIBOLGA, KLIKMETRO.COM - Insiden Kebakaran yang terjadi di Vihara Avalokitesvara, di Jalan S. Parman No.58, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatera Utara, Senin malam (18/9/2023) sekitar pukul 21.20 WIB hingga saat ini masih diselidiki Polres Sibolga.

Kepala Seksi Humas Polres Sibolga, Iptu Suyatno menjelaskan bahwa petugas jaga malam tersebut, melihat kobaran api berasal dari dalam gudang buku lantai satu Vihara.

"Mereka berusaha membuka Pintu Gudang yang terkunci, tetapi upaya mereka gagal. Mereka segera meminta bantuan dari masyarakat sekitar. Tetapi, api dengan cepat merembet ke lantai dua Vihara," ungkap Suyatno, Selasa (19/9/2023).

Kemudian, dilaporkan kebakaran tersebut, ke Petugas Pemadam Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga, sekitar pukul 21.30 WIB, tiba di lokasi dengan 5 Unit Mobil Pemadam Kebakaran dan 5 Unit Mobil Tangki. Proses pemadaman api dibantu oleh pihak kepolisian, TNI, Satpol PP, dan warga sekitar.

"Mereka berjuang keras untuk memadamkan api yang berkobar, dan akhirnya, sekitar pukul 23.00 WIB, api berhasil dipadamkan," kata Suyatno.

Penyebab kebakaran diduga berasal dari korsleting arus listrik, karena sebelum kejadian terdengar suara kipas angin yang masih menyala di dalam gudang yang terkunci.

"Meskipun penyebab pasti Kebakaran masih dalam Penyelidikan, saksi-saksi menduga bahwa api berasal dari korsleting arus listrik," jelas Suyatno.

Suyatno mengungkapkan hari ini, akan dilaksanakan olah TKP di lokasi ebakaran tersebut. Ia mengingatkan bahwa peristiwa kebakaran ini, akan tetap menjadi perhatian.

"Dan kita berharap agar penyelidikan lebih lanjut, dapat memberikan wawasan yang lebih jelas tentang penyebab kebakaran di Vihara Avalokitesvara ini," tutur Suyatno.

Atas kebakaran ini, kerugian materil mencapai Rp 300 juta. Namun, dalam peristiwa ini tidak menimbulkan korban jiwa. (rizki)

Komentar Anda

Terkini