Pemerintah Kecamatan Bangun Purba Tepung Tawar Benih Padi di Desa Ujung Rambe

Rabu, 22 Mei 2024 / 22.04

Camat Bangun Purba Gontar Panjaitan SSTP MM menyerahkan secara simbolis benih padi kepada kelompok tani dalam kegiatan Tepung Tawar Benih Padi di Desa Ujung Rambe, Selasa (21/5/2024). (ft-ist)

DELI SERDANG, KLIKMETRO.COM -Pemerintah Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang menggelar acara Tepung Tawar Benih Padi di Desa Ujung Rambe, Selasa (21/5/2024).

Kegiatan Tepung Tawar Benih Padi ini senantiasa diadakan jelang musim tanam bibit padi bagi warga disana yang mayoritas adalah petani. Daerah ini juga dikenal sebagai dan daerah penghasil padi.

Camat Bangun Purba Gontar Panjaitan SSTP MM menyampaikan kegiatan ini sudah rutin diadakan dan merupakan tradisi bagi warga Desa Ujung Rambe untuk memohon doa agar hasil panennya berlimpah dan memuaskan.

"Untuk sumber dana dari pembelian bibit padi yang akan dibagikan kepada warga masyarakat pada acara ini bersumber dari Dana APBDES Desa Ujung Rambe, dan telah menjadi kesepakatan bersama,"ujar Gontar Panjaitan yang baru menjadi camat di Bangun Purba ini.

Tradisi Tepung Tawar Benih Padi ini dirangkai dengan pembacaan doa untuk mengharapkan ridho dari Yang Maha Esa.

kegiatan berlangsung khidmat dengan menghadirkan tokoh adat, Ketua Kelompok Tani Desa Ujung Rambe Dian Ika, para perwakilan kelompok tani, Pj Kades Ujung Rambe Ahmad Jamil Rintonga, Babinsa dan Babinkamtibmas, tokoh pemuda, perangkat desa serta perangkat kecamatan bersama Forkopimcam Bangun Purba.

Untuk penanaman benih padi tersebut, warga dan pemerintahan  desa meminta camat mengawali menanamkan benih padi dan langsung ke Bedeng Sawah, baru kemudian d lanjutkan oleh yang lainnya secara tertib dan teratur. (lbs)

Komentar Anda

Terkini