Bea Cukai Sibolga Sita Ratusan Batang Rokok Ilegal di Tapteng

Jumat, 07 Juni 2024 / 18.36

Bea Cukai Sibolga mengamankan belasan karton rokok ilegal milik pengusaha berinisial MS, dari salah satu toko/grosir di Jalan Humala Tambunan Sigotom, Kecamatan Tukka, Kabupaten Tapteng. (ft-ist) 

SIBOLGA, KLIKMETRO.COM - Bea Cukai Sibolga berhasil mengamankan belasan karton rokok ilegal milik pengusaha berinisial MS, dari salah satu toko/grosir di Jalan Humala Tambunan Sigotom, Kecamatan Tukka, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Selasa (4/6/2024).

"Rokok tanpa cukai itu berpotensi merugikan negara hingga ratusan juta," kata Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Sibolga, Erlnando Simorangkir.

Ia mengungkapkan, kronologis penindakan itu berawal adanya informasi dari masyarakat sehingga dilakukan pemantauan (Surveillance,red) pada tanggal 2-3 Juni 2024 dengan data toko dimaksud.

Kemudian, paada hari Selasa tanggal 4 Juni 2024, tim Bea Cukai Sibolga melakukan penindakan dengan mengamankan 1 orang pelaku beserta barang hasil penindakan belasan karton rokok ilegal dengan total 126.800 batang.

"Rokok ilegal yang diamankan berbagai merk, antara lain Luffman, Luffman Mild, H-mild, X-Bold, Have dan LVL. Dengan nilai barang Rp. 185.649.000 dan potensi kerugian Negara Rp 100.615.840," kata Erlnando pada wartawan melalui keterangan tertulisnya, Jumat (6/6/2024).

Pelaku mengajukan permohonan surat pernyataan bersalah dan membayar (menyetor, red) denda sanksi administrasi 3 kali nilai cukai senilai Rp. 150.066.000 kepada Negara melalui RPL PDT KPPBC TMP C Sibolga.

Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Sibolga, Sondy Mangatas Bornok Simanullang menyampaikan harapan kepada masyarakat agar membantu Pemerintah, Bea Cukai Sibolga pada khususnya untuk Stop Rokok Ilegal.

"Bea Cukai tidak dapat bergerak sendiri dalam memberantas peredaran rokok ilegal. Peran aktif masyarakat dengan tidak membeli dan tidak mengkonsumsi rokok ilegal, serta melaporkan apabila mengetahui adanya rokok ilegal kepada kami melalui HP/WA 0811-6159-944 atau media sosial resmi kami Instagram, Facebook, Twitter (X), Tiktok dan YouTube @beacukaisibolga," bebernya. (rizki)

Komentar Anda

Terkini