Ketua DPRD Medan Minta Pemko Maksimalkan Pelayanan Kesehatan Gratis

Minggu, 02 Juni 2024 / 13.46

Ketua DPRD Medan Hasyim SE. (ft-ist) 

MEDAN, KLIKMETRO.COM - Ketua DPRD Medan Hasyim SE meminta Pemerintah Kota Medan memaksimalkan pelayanan Kesehatan gratis dengan mendorong Dinas Kesehatan Kota Medan  mensosialisasikan secara masif program Universal Health Coverage (UHC) dan pelayanan kesehatan di Posyandu untuk lansia ataupun bayi.

“Kita harapkan pelayanan kesehatan gratis UHC dan Posyandu telah tersosialisasi di tengah masyarakat. Saat ini masih banyak warga belum mengetahui adanya pelayanan UHC dan Posyandu Balita, apalagi Posyandu Lansia,” ujar Hasyim SE di Medan, dikutip Minggu (2/6/2024).

Selain itu juga, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Medan ini meminta Dinas Kesehatan Kota Medan melakukan pengawasan agar seluruh rumah sakit, puskesmas, klinik dan fasilitas Kesehatan lainnya terus meningkatkan pelayanan Kesehatan kepada semua pasien UHC.

“Tindak tegas pihak terkait yang terbukti melakukan pelayanan buruk kepada pasien,” tegas Hasyim yang saat ini lolos anggota DPRD Sumut periode 2024-2029 itu.

Disampaikannya, Pemko Medan telah berkolaborasi dengan DPRD Medan terkait pelayanan kesehatan gratis bagi warga kurang mampu lewat program UHC Jaminan Kesehatan Medan Berkah (JKMB). Melalui program tersebut maka warga Medan cukup menggunakan KTP/KK dapat berobat di Rumah Sakit (RS) yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

“Untuk progam UHC JKMB, Pemko Medan mengalokasikan anggaran sekitar Rp 250 Miliar di Tahun 2024,” terangnya.

Ditambahkan Hasyim, program UHC sebagai bentuk kepedulian Pemko dan DPRD Medan peningkatan pelayanan kesehatan. “Kita konsisten memaksimalkan pelayanan kesehatan di tengah masyarakat,” sebutnya seraya mengatakan agar warga tidak kuatir berobat apabila belum memiliki Kartu Sehat atau BPJS Kesehatan menunggak. 

"Karena selagi memiliki KTP warga Kota Medan dipastikan mendapat pelayanan kesehatan gratis dan otomatis masuk program UHC, ” terang Hasyim.

Lanjutnya lagi, untuk  mendapatkan kesehatan itu, dia mengajak warga untuk menjaga kebersihan. Kebersihan diri sendiri, rumah dan lingkungan. “Apalagi untuk menjaga pola makan yang teratur, olahraga yang rutin dan istirahat yang cukup,” imbuhnya. (mar)

Komentar Anda

Terkini