Patung Raksasa Kaisar Pertama China Jatuh Tertiup Angin

Selasa, 10 April 2018 / 15.25
Patung seberat 6 ton itu roboh setelah tertiup angin kencang. (Foto: AFP)
PATUNG raksasa Kaisar China pertama, Qin Shi Huang, roboh akibat tertiup angin. Patung perunggu seberat 6 ton itu terlepas dari pijakan batunya di Provinsi Shandong setelah tertiup angin kencang pada Jumat 7 April.

Patung setinggi 19 meter (m) itu terjatuh dengan wajah Qin Shi Huang menghantam tanah. Tabloid Global Times melaporkan, bagian kepala patung perunggu itu hancur layaknya kue panekuk atau pancake.

“Ini adalah sesuatu yang tidak bisa Anda sembunyikan dari orang-orang. Hampir semua orang saat ini memiliki telefon seluler. Bagaimana bisa Anda menutup-nutupi?” tulis Global Times, mengutip dari BBC, Selasa (10/4/2018).

Para pekerja tiba dalam waktu singkat bersama sejumlah crane untuk mengangkat sisa-sisa patung yang tidak hancur. Foto yang tersebar di internet menunjukkan, bagian tengah patung yang berdiri di Binzhou itu terlihat berlubang akibat roboh tertiup angin.

Qin Shi Huang adalah pendiri dinasti Qin di China. Ia dianggap berjasa sebagai orang pertama yang menyatukan seluruh wilayah China modern lewat penaklukkan wilayah, sekira 221-206 Sebelum Masehi (SM).

Salah satu peninggalan Qin Shi Huang yang paling berharga adalah Tembok Besar China yang masuk dalam situs warisan dunia UNESCO. Ia adalah orang yang pertama kali memerintahkan pembangunan seksi pertama tembok tersebut.

Patung perunggu setinggi 19 m dengan berat 6 ton itu dibangun pada 2005 dan didirikan di Binzhou. Pendirian patung tersebut diharapkan mampu menyedot perhatian para wisatawan lokal untuk lebih mempelajari sejarah bangsa China. (ok/int)
Patung perunggu Qin Shi Huang saat masih berdiri tegak. (Foto: AFP)

Komentar Anda

Terkini