Jembatan Parapat Kembali Longsor, Arus Lalin Lumpuh Total

Minggu, 30 Desember 2018 / 23.49
Jembatan Kembar penghubung Pematang Siantar - Parapat untuk kedua kalinya tertimbun longsor.
PARAPAT, KMC - Untuk kedua kalinya, jembatan kembar yang menghubungkan Kota Pematang Siantar dan Parapat kembali longsor, Minggu (30/12/2018) sekira pukul 21.20 wib.

Akibatnya lalu lintas di kawasan ini lumpuh total. Kenderaan bermotor tak dapat melintas karena jembatan yang berada sekitar 1 kilometer sebelum Parapat ini tertimbun longsor.

Kendati tak ada korban jiwa, namun kondisi itu mengakibatkan terjadi lalu lintas dari dua arah Siantar-Parapat mengalami lumpuh total. Personel Polres Simalungun segera mengantisipasi kemacetan dengan mengalihkan kenderaan ke jalur alternatif.

Apalagi saat ini banyak pengendara bermotor melintas menuju Pematang Siantar - Parapat untuk mudik maupun menikmati liburan, karena momen nya bertepatan untuk perayaan tahun baru.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Riadil Akhir Lubis, mengatakan, pihaknya saat ini telah berkordinasi dengan Kepala Balai Pengembangan Jalan Nasional (BPJN) dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga.

Untuk alat berat, terang Riadir, sebanyak 2 loader dan ekscavator saat ini sedang diturunkan untuk membantu percepatan pembersihan material longsoran di lokasi bencana.

"Sejauh ini belum ada laporan tentang korban jiwa," kata Riadil seraya mengimbau kepada masyarakat yang akan menuju dari dan ke Parapat agar mencari jalur alternatif lain dan ekstra hati-hati melintas di kawasan rawan longsor.

Sebelumnya beberapa waktu lalu, jembatan Kembar juga tertimbun longsor. Dalam peristiwa itu, tiga unit mobil tertimbun. Namun tak ada korban jiwa. (mr/riz)
Komentar Anda

Terkini