-->

Paripurna HUT Kota Medan, Walikota Ajak Bersinergi Bangun Kota

Jumat, 28 Juni 2019 / 19.47
Paripurna istimewa DPRD Medan peringati HUT Kota Medan ke 429.
MEDAN, KMC - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengungkapkan,  Pemko Medan terus melakukan peningkatan kualitas infrastruktur baik jalan maupun drainase yang ada di Kota Medan. Saat ini peningkatan kualitas panjang jalan yang telah dilakukan, terutama jalan kota dan jembatan dalam kondisi baik telah mencapai 95,40%  dengan alokasi anggaran  yang digunakan sebesar lebih dari Rp.205 miliar.

Hal ini disampaikan Wali Kota ketika menyampaikan sambutan pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Medan Dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Kota Medan Ke-429 tahun 2019 di Gedung DPRD Medan, Jumat (28/6/2019).

Sejalan dengan peningkatan kualitas jalan, ungkap Wali Kota, Pemko Medan juga  berupaya merealisasikan pembangunan saluran drainase/gorong-gorong sepanjang 84.906 meter guna menurunkan kawasan rawan genangan air/banjir di sejumlah titik di Kota Medan. Dikatakan Wali kota, komitmen dan keseriusan tersebut dapat dilihat pada anggaran Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan sebesar Rp.170 miliar  untuk pembangunan saluran drainase/gorong-gorong.

Di samping infrastruktur sambung Wali Kota, Pemko Medan juga fokus meningkatkan pelayanan di bidang transportasi publik. Salah satunya dengan mengembangkan Light Rail Transit (LRT)/Bus Rapid Transit (BRT)  melalui mekanisme Kerjasama Pemerintah Badah Usaha (KPBU). Kini, prosesnya  telah mencapai finalisasi laporan akhir Final Bussines Case.

Alhamdulillah, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara juga menaruh perhatian besar terhadap kegiatan ini dan akan mempersiapkan konsep kolaborasi antara Pemko Medan, Pemerintah Provinsi Sumut dan Badan Usaha. LRT/BRT ini diyakini dapat mengurangi kemacetan di Kota Medan, sebab jika tidak tertangani akan mengalami deadlocktahun 2024,” kata Walikota.

Selanjutnya di bidang permukiman, Wali Kota memaparkan, target Pemko Medan dalam peningkatan kualitas  lingkungan permukiman di Kota Medan berkomitmen mensukseskan program pembangunan nasional 100-0-100 (100% Akses Pelayanan Air Minum, 0% Kawasan Permukiman Kumuh dan 100% Akses Sanitasi).

Kemudian sambung Wali Kota, pemasangan sambungan  rumah air limbah dengan alokasi Rp.4,2 miliar dengan target sambungan untuk 500 rumah. Lalu penanganan kawasan kumuh di Kelurahan Labuhan Deli  yang fokus pengendalian banjir dengan memperbaiki saluran drainase serta penataan jalan.

Selain Wali Kota, Rapat Paripurna Istimewa ini turut dihadiri  Gubsu diwakili Asisten Umum Provsu Drs HM Fitriyus, Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution, unsur Forkompimda, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis, Wakil Bupati Langkat Syah Afandin, Sekda Binjai M Mahfullah, Konsulat Jepang, Konsul Singapura, Konsul India, Konsul Malaysia, Pemangku Kesultan Deli Raja Muda Tengku Hamdy Ostman Deli Khan Al Haj, para mantan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, tokoh masyarakat dan agama, dan segenap pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan. (rel/riz)
Komentar Anda

Terkini