4 Cara Mudah Atasi Patah Hati

Sabtu, 06 Juli 2019 / 18.44
ilustrasi/int.
KLIKMETRO.com - PATAH hati rasanya memang sangat menyiksa. Perasaan sedih, kecewa, dan terluka campur aduk jadi satu hingga bisa membuat air mata menetes.

Banyak hal yang memicu patah hati. Cinta yang bertepuk sebelah tangan, diduakan oleh pria yang paling dicinta, hingga diabaikan oleh orang yang sebelumnya terlihat begitu peduli pada kita.

Pada umumnya tak ada satu pun orang pun yang ingin merasakan patah hati. Agar kita tidak gampang patah hati, cobalah beberapa tips berikut ini seperti dikutip dari fimela.

Mencintai Secukupnya Saja

Contohnya ketika memiliki gebetan atau sedang menyukai seseorang cobalah untuk mencintai secukupnya saja dan jangan berlebihan. Karena sebesar apapun rasa cinta dan suka kita padanya, kita harus perlu berpikir realistis.

Mencintai secukupnya saja. Kita tak pernah tahu apa yang terjadi ke depannya. Siap mencintai seseorang harus siap pula untuk tersakiti oleh hal atau kejadian yang mungkin tak pernah kita duga sebelumnya.

Tak Perlu Terlalu Keras Menuntut Kesempurnaan

Setiap orang punya lika-liku hidupnya masing-masing. Kisah cinta kita sendiri pun tak selalu sempurna. Adakalanya kita malah terjatuh dan sedih karena pengkhianatan yang tak pernah kita duga sebelumnya. Perasaan kita yang begitu tulus pun kadang tak ditanggapi dengan baik. Kita tak bisa menuntut segalanya serba sempurna dan sesuai dengan standar terbaik kita. Jangan terlalu keras pada diri sendiri.

Beri Ruang untuk Kesedihanmu

Perasaan terluka dan tersakiti mungkin tak bisa terlupakan begitu saja. Masih membekas bahkan begitu dalam di dalam diri kita. Izinkan dirimu untuk menangis dan bersedih. Bila ada kesedihan yang begitu menyesakkan dada, luapkan. Tapi setelah itu bangkit kembali dan lanjut melangkah ke depan. Beri ruang untuk kesedihan, supaya kita bisa lebih mudah membuat ruang yang lain untuk kebahagiaan kita.

Tidak Berlarut-larut dalam Fantasi

Jika sudah jatuh cinta dengan seseorang rasanya pikiran kita penuh akan bayangan sosoknya. Kita juga jadi sering membayangkan bisa melakukan banyak hal dengannya. Tapi di sini kita perlu lebih berhati-hati.

Aapabila terlalu berlarut-larut dalam fantasi, kita bisa terlalu berlebihan dalam berekspektasi. Bila ekspektasi kita malah tidak realistis dan tidak bisa tercapai sesuai keinginan, yang ada malah kita akan terluka dan sakit sendiri.

Saat patah hati tak bisa dihindari, perlu berani untuk membuat keputusan untuk tetap berjuang mendapatkan kebahagiaan kita. Bersedih secukupnya saja supaya kita bisa menciptakan lebih banyak ruang untuk hal-hal yang lebih baik untuk hidup kita. (mr/int)
Komentar Anda

Terkini