Sumut Kucurkan Rp 5 Miliar Tangani Virus Babi

Kamis, 19 Desember 2019 / 15.57
Gubernur Edy Rahmayadi.
MEDAN, KLIKMETRO - Pemerintahan Provinsi Sumut mengucurkan anggaran sebesar Rp 5 miliar untuk penanganan virus babi (hog cholera). Saat ini tercatat sudah lebih dari  29.000  ekor babi mati di Sumatera Utara mendadak diduga terjangkit virus tersebut.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan, anggaran yang dikucurkan itu untuk  kegiatan pengawasan babi yang terkena Hog Kholera hingga proses penguburan.

"(Anggarannya) untuk patroli, lalu (menyiapkan) pos-pos, untuk menutup jalan keluar masuk babi dari dalam keluar dan sebaliknya. Lalu menyiapkan personel untuk menguburkan babi yang mati," ujar Edy usai mengikuti Apel Kesiapsiagaan Natal dan Tahun Baru, di Lapangan Benteng Medan, Kamis (19/12/2019).

Kata Edy untuk membantu masyarakat mengubur babi, Pemprovsu juga telah menyiapkan alat berat untuk proses penguburan babi.

"Kita siapkan alat berat untuk menguburkan sehingga tidak dibuang di sembarang tempat," ujarnya. 

Edy menegaskan anggaran yang digunakan bukan untuk memusnahkan seluruh babi yang ada di Sumut, melainkan hanya penanganan Hog Cholera saja.

"Belum, kalau untuk pemusnahan, anda bayangkan, babi  di Sumut hampir mencapai 2 juta ekor. Kalau itu kali 3 juta per ekor, sudah berapa itu jumlahnya,"pungkasnya. (mtc/mar)
Komentar Anda

Terkini