Dinas Pertanian Diminta Maksimalkan Pembibitan Buah dan Bunga di Medan

Jumat, 17 Januari 2020 / 16.51
Komisi IV DPRD Medan meninjaub Kantor Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan di kawasan Amplas.
MEDAN, KLIKMETRO - Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan diminta maksimalkan pembibitan buah dan bunga. Apalagi saat tinjauan Komisi IV DPRD Medan ke dinas tersebut beberapa waktu lalu, ditemukan banyak lahan kosong yang tidak dimanfaatkan.

Saat kunjungan kerja (kunker), Komisi IV melihat komplek areal pembibitan tanaman seluas 5 Ha milik Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan di Jalan Selambo, Kelurahan Amplas, Kecamatan Medan Amplas. Dilihat banyak lahan yang kosong tidak dimanfaatkan karena minimnya anggaran di dinas tersebut.

"Kita prihatin, banyak lahan kosong tidak dimanfaatkan karena minimnya anggaran. Pada hal, jika lahan difungsikan maksimal pasti bermanfaat bagi masyarakat Medan," ujar Ketua Komisi IV DPRD Medan Paul MA Simanjuntak saat memaparkan hasil tinjauan pada media ini, Jumat (17/1/2020).
 
Selain itu, rasa keprihatinan dewan semakin bertambah karena lahan seluas 5 Ha tersebut tidak memiliki pagar permanen. Sehingga, para pencuri merajalela keluar masuk menjadikan suasana tidak nyaman.

Parahnya lagi, diketahui lokasi sering banjir karena tidak memiliki drainase. Begitu juga badan jalan menuju lahan pembibitan yang kebetulan satu lokasi dengan kantor Dinas Pertanian dan Perikanan rusak berlobang. Bila musim hujan, areal banjir dan jalan berlumpur ibarat kubangan kerbau.

"Kita minta Plt Walikota Medan prioritas pembangunan pagar, drainase dan perbaikan jalan. Hal itu sangat penting guna memaksimalkan pemberdayaan Dinas Pertanian dan Perikanan," ujar Paul seraya menyebutkan, dalam pertemuan itu Komisi IV DPRD Medan sepakat mendorong Plt Walikota Medan Ir Akhyar Nasution untuk menprioritaskan pembenahan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan guna memenuhi permintaan warga Medan soal bibit buah dan bunga.

Sebelumnya, dihadapan para anggota dewan, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan Ir Iksar Marbun menyampaikan, saat ini pihaknya sedang fokus melakukan pembibitan tanaman buah dan bunga di tempat yang tersedia.Pembibitan itu diperuntukkan untuk warga kota Medan secara gratis. "Selama ini kita kewalahan melayani permintaan warga soal bibit buah dan bunga. Karena keterbatasan anggaran sehingga pelayanan kita soal produksi bibit tentu terbatas," papar Iksar Marbun. (mar)
Komentar Anda

Terkini