-->

Hasyim : Pemko Medan Harus Bentuk Tim Cegah Penyebaran Virus Corona

Rabu, 29 Januari 2020 / 17.22
Ketua DPRD Medan Hasyim Wijaya SE.
MEDAN, KLIKMETRO - DPRD Medan meminta Pemerintah Kota (Pemko) Medan segera berkordinasi dengan instansi terkait dan membentuk tim untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. 

"Kita minta Pemko segera melakukan antisipasi pencegahan virus corona masuk ke Kota Medan. Pemko segera bentuk tim melibatkan instansi terkait antisipasi virus lewat udara, laut dan darat,''ujar Ketua DPRD Medan, Hasyim Wijaya SE, Rabu (29/1/2020). 

Politisi PDI Perjuangan ini menyebutkan, virus corona sudah menjadi momok menakutkan di kalangan masyarakat karena telah banyak menelan korban jiwa. Korban jiwa terbanyak terjadi di Kota Wuhan, China. Sementara penyebaran virus ini sudah memasuki sejumlah negara, diantaranya Malaysia dan Singapura.

"Harus diperketat pengawasan, seluruh turis asing yang masuk ke kota Medan wajib dilakukan pemeriksaan dan pengecekan guna memastikan bebas virus corona. Jangan sampai kecolongan, perlu antisipasi sejak dini,” kata Hasyim.

Ditambahkannya, Pemko Medan juga harus sosialisasi ke masyarakat terkait virus corona sehingga dapat lebih waspada dan mengetahui ciri-ciri penyebaran virus carona.
“Sehingga kalau nanti ada yang dicurigai gejala-gejala virus carona ini dapat segera ditangani ke rumah sakit,” tambahnya.

Menurut Hasyim, secara geografis, Kota Medan lebih dekat dengan Malaysia dan Singapura, untuk itu tidak tertutup kemungkinan penyebaran ke Kota Medan punya potensi yang lebih besar dibanding wilayah lainnya di Indonesia. 

“Kita cukup dekat dengan negara tetangga yang sudah terjangkit itu. Walaupun jumlah penderita disana masih terbilang kecil, sekitar 3 sampai 4 orang,” terangnya.

Diketahui virus corona atau novel coronavirus telah menyebar ke 16 negara, termasuk Asia Tenggara. Bahkan, virus jenis baru ini telah menjangkiti 3 orang di Malaysia dan 4 orang di Singapura. (mar)
Komentar Anda

Terkini