Cegah Wabah Corona, Pemko Medan Diminta Lakukan Rapid Test Massal

Minggu, 19 April 2020 / 22.34
MEDAN, KLIKMETRO - Anggota Komisi I DPRD Medan, Mulia Syahputra Nasution, mendesak Pemko Medan dalam hal ini Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Medan melakukan rapid test dalam jumlah besar. Mengingat, alat untuk mendeteksi virus tersebut sudah ada di Rumah Sakit USU.

"Kalau itu dilaksanakan, pasti bisa mengikis penyebaran virus. Seperti di Korea Selatan, semua warganya di rapid test. Sehingga mereka mampu mengatasi dan menekan penyebaran virus," katanya, Minggu (19/4/2020).

Politisi Partai Gerindra ini menyebut, Kota Medan saat ini menduduki peringkat pertama di Provinsi Sumut dalam jumlah terinveksinya masyarakat. Sehingga melakukan rapid test ini sangat perlu untuk mendeteksi penyebarannya.

"Jangan lagi lamban pergerakannya. Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution hanya mengeluarkan imbauan-imbauan saja. Tapi ada action yang serius dong, untuk menghentikan situasi saat ini," tukasnya.

Ketua Tunas Indonesia Raya (Tidar) Kota Medan ini menilai, tim gugus tugas seakan-akan hanya melakukan pencitraan di media massa. Buktinya angka orang yang terpapar terus bertambah. Sehingga kinerja mereka perlu dievaluasi.

"Kan bisa melibatkan ahli medis di dalamnya (gugus tugas, red)? Karena ini persoalan kesehatan, bukan gempa atau bencana alam lainnya. Sehingga perlu sekali melibatkan ahli medis yang memang memiliki keilmuan dalam dunia kesehatan," pungkasnya. (mar)

Komentar Anda

Terkini