Terapkan Isolasi Mandiri, Pemko Medan Diminta Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Senin, 20 April 2020 / 22.30
MEDAN, KLIKMETRO - Pencegahan yang dilakukan pemerintah, khususnya Pemko Medan guna mengantisipasi wabah virus corona atau covid-19 diharapkan agar lebih terarah. Selain itu dengan melakukan isolasi mandiri kepada keluarga atau tetangga bagi warga yang terpapar Virus Corona dengan memenuhi kebutuhan hidup warga yang diisolasi, serta melakukan pengawasan yang ketat melibatkan aparat hukum.

Hal ini dikatakan anggota DPRD Medan, Surianto SH pada wartawan di Medan, Senin (20/4/2020).Anggota Komisi II DPRD Medan yang membidangi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat ini mengatakan, isolasi mandiri bagi keluarga dan tetangga warga yang terjangkit Virus Corona harus dengan memenuhi kebutuhan pokoknya dan serta pengamanan dari aparat dan masyarakat.

"Juga dipantau oleh tenaga medis agar tak lolos dan berbaur dengan masyarakat lain dengan jangka waktu sesuai anjuran ahli kesehatan,"ujar Surianto yang akrab disapa Butong ini.

Lanjutnya, berdasarkan aspirasi warga Kota Medan yang disampaikan kepadanya, telah terjadi kejenuhan, kepanikan dan kesulitan memenuhi kebutuhan ekonomi yang dialami warga atas status sosial dan physical distancing yang ditetapkan secara menyeluruh di Kota Medan ini.

“Warga disuruh diam di rumah, kebutuhan hidup perlu dipenuhi, dunia usaha terpuruk, tingkat ekonomi warga ambruk. Timbul kejenuhan karena tak ada solusi dalam mengatasi kebutuhan hidup. Warga panik. Maka harus ada solusi yang jelas serta mengatasi pemutusan mata rantai penyebaran Covid -19, tapi juga kesulitan sebagian besar warga Kota Medan harus juga diatasi,” ungkapnya.

Dengan menerapkan isolasi mandiri yang memenuhi kebutuhan warga akan mempersempit ruang melawan Corona, hingga Pemko Medan dan warga mampu bergerak leluasa dalam mengatasi penyebarannya tanpa membebankan wilayah dan warga lain yang tak terdampak.

Pihaknya berjanji akan mendorong kebijakan baik guna mengatasi penyebaran Virus Corona dan mengatasi dampak sosial dan ekonominya yang harus segera dilakukan Pemko Medan mendapat dukungan dari DPRD Kota Medan.

“Harus ada kebijakan yang tepat sasaran mengatasi penyebaran Virus Corona dan mengatasi dampak sosial dan ekonominya di tengah masyarakat. Kasihan 2 jutaan lebih warga Medan yang harus jenuh, panik dan hancur ekonominya , 2 ribuan warga lain yang dalam status PDP, ODP dan OTG serta yang terjangkit,” kata politisi Gerindra ini.

Dia mengimbau agar aktivitas masyarakat ke luar rumah harus memakai masker guna menghindari terjangkit atau menjangkiti Virus Corona. “Gunakan masker jika keluar rumah. Selain itu tingkatkan rasa kebersamaan dan saling membantu dalam krisis wabah dan krisis kebutuhan warga saat ini,” imbaunya. (mar)
Komentar Anda

Terkini