-->

Rentan Tumbang, Komisi IV Minta DKP Pangkas Pohon-pohon Tua

Sabtu, 09 Mei 2020 / 20.41
MEDAN, KLIKMETRO - Komisi IV DPRD Medan yang membidangi infrastruktur termasuk di bidang kebersihan dan pertamanan, meminta agar segera dilakukan pemangkasan pohon tua di sepanjang jalanan.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi IV, D Edy Eka Suranta S Meliala, Sabtu (9/5/2020).  Dia menilai Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan kurang sigap dalam menata dan memelihara pepohonan yang ada di pinggiran jalan yang sudah tua dan kerap mengancam keamanan warga sekitar.

"Berdasarkan banyaknya permintaan warga untuk peremajaan akibat seringnya dahan pohon patah, menunjukkan kurang sigapnya dinas terkait melakukan kerjanya, "ujar Edy Suranta.

Apalagi belakangan ini kerap terjadi hujan disertai angin kencang, sehingga rentan pohon-pohon tua tumbang. "Sudah banyak pohon yang patah dahannya menelan korban luka dan rusaknya kendaraan warga. Bagaimana pertanggungjawaban pemerintah terkait adanya korban baik material maupun korban luka-luka dan meninggal,"sebutnya.

Masyakat tidak mempermasalahkan adanya kerugian korban baik material maupun luka. Namun masyarakat lebih ingin agar pemerintah melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar, yaitu melakukan pemeliharan pohon-pohon yang ada di pinggir jalan sehingga tidak meresahkan masyarakat.

"Kalau tidak sanggup memeliharanya, lebih baik tidak menanamnya sehingga bisa meresahkan masyarakat. Lagipula sudah ada dianggarkan untuk pemeliharaan pohon, namun faktanya banyak pohon yang tidak diremajakan sehingga membahayakan masyarakat,"imbuhnya.

Untuk itu, politisi yang akrab disapa Dico itu berharap Pemko Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan agar segera melakukan peremajaan pohon apalagi di musim penghujan seperti sekarang ini. "Jangan menunggu jatuh korban dulu baru dilakukan peremajaan,"pungkasnya. (mar)


Komentar Anda

Terkini