Bupati Sergai Serahkan 5.813 Kartu Tani di 11 Kecamatan

Selasa, 02 Juni 2020 / 20.43
Bupati Sergai Ir H Soekirman memberikan kartu tani untuk mempermudah para petani.
SEI RAMPAH, KLIKMETRO - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagei (Sergai) menyerahkan 5.813 kartu tani pada tahap pertama yang dialokasikan untuk 11 kecamatan. Yakni, Kecamatan Sei Rampah, Pegajahan, Tebing Tinggi, Tebing Syahbandar, Perbaungan, Tanjung Beringin, Bintang Bayu, Sei Bamban, Teluk Mengkudu, Dolok Masihul dan Pantai Cermin. Selanjutnya untuk 6 Kecamatan lagi akan menyusul pada penyerahan kartu Tani tahap kedua.

Bupati Sergai Ir H Soekirman menyerahkan kartu tani yang diberikan secara simbolis kepada sejumlah petani di Aula Dinas Pertanian Kab. Sergai, Kecamatan Sei Rampah, Selasa (2/6/2020).

Bupati Sergai mengapresiasi PT. Bank BNI dengan Kartu Tani dan e-Warung sebagai sebuah terobosan ekonomi yang sangat baik sejalan dengan visi Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan.

"Kartu Tani dalam bentuk ATM ini adalah termasuk uang elektronik atau e-money, yang dalam hal ini dapat menghindarkan kita dari peredaran uang fisik yang rentan dapat membawa virus Covid-19. Dalam mendukung pembangunan daerah, kita memiliki slogan Pataya (Pangan, Pariwisata, dan Budaya). Kenapa pangan, sebab dalam suasana pandemi seperti ini, makanan sebagai sumber kehidupan adalah hal yang tidak boleh berhenti adanya stok pangan bagi manusia. Kemudian Pariwisata yang sangat penting bagi pemasukan daerah sejalan dengan dekatnya jarak tempuh antara Medan-Sergai melalui jalan tol,''kata bupati.

Bupati juga mengingatkan dalam pertanian juga ada politik yang harus dimasuki sebagai masyarakat petani dan penyuluh yaitu Politik Pertanian. "Sebab dalam Politik Pertanian tersebut yang pertama kita harus berfikir untuk surplus, kita bertani adalah untuk mencapai hasil yang lebih banyak dari sebelumnya. Yang kedua adalah Swasembada, dan yang ketiga adalah sejahtera. Untuk apa surplus dan swasembada jika tidak sejahtera. Jadi politik pertanian itu bertujuan menciptakan petani yang sejahtera, penyuluh sejahtera dan pemerintah yang sejahtera,"ujar bupati di acara yang dihadiri Kadis Pertanian Radianto Panjis, SP, MMA, PPL, Gapoktan, Poktan, Pimpinan BNI Cabang Tebing Tinggi Maralun Sitompul SE, para Penyuluh Pertanian dan ratusan petani penerima Kartu Tani.

Kadis Pertanian Radianto Panjis menyebutkan, Kartu Tani yang diserahkan pada tahap pertama ini berjumlah 5.813 kartu di 11 kecamatan. "Kartu Tani ini memiliki beragam manfaat antara lain dapat digunakan untuk membeli pupuk bersubsidi, menjual hasil panen tanpa perantara, kemudahan mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR), kemudahan mendapatkan bantuan sosial dan bantuan bersubsidi, serta dapat digunakan sebagai tabungan,''paparnya.

Pada kesempatan itu, Pimpinan BNI Cabang Tebing Tinggi, Maralun Sitompul SE mengatakan, untuk penyaluran Kartu Tani oleh Kementerian Pertanian dipercayakan kepada PT Bank BNI (Persero). Selanjutnya bagi para penerima kartu tani dalam bentuk ATM ini dapat menggunakannya untuk belanja pupuk, pestisida dan lainnya sesuai ketentuan di e-Warung bekerjasama dengan BNI yang ada didesa-desa. (mar/rel)
Komentar Anda

Terkini