Akhyar Apresiasi PMI Sumut Wujudkan Pasar Halat Bebas Corona

Kamis, 02 Juli 2020 / 18.00
Plt Walikota Medan Akhyar Nasution mengunjungi Pasar Halat Medan.
MEDAN, KLIKMETRO - Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi meninjau Pasar Tradisional Halat Jalan Halat Medan, Kamis (2/7/2020). Peninjauan yang dilakukan bersama Ketua PMI Sumut  DR H Rahmat Shah dan Dandim 0201/BS Letkol Inf Agus Setiandar SIP ini bertujuan untuk mengajak seluruh pedagang agar melaksanakan protokol kesehatan, guna memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), terutama di Pasar Halat. Dengan demikian Pasar Halat nantinya diharapkan menjadi pasar yang bebas Covid-19.
Upaya menjadikan Pasar Halat bebas Covid-19  diinisiasi PMI Sumut. Selama 5 hari, PMI menurunkan sejumlah relawannya di Pasar Halat guna mengedukasi masyarakat dan pedagang agar melaksanakan protokol kesehatan selama beraktifitas di pasar. Selain menggunakan masker, masyarakat dan pedagang juga diingatkan agar senantiasa jaga jarak (physical distancing) dan rajin cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.
Begitu tiba di lokasi, Akhyar bersama Rahmat Shah, Dandim serta Wakil Ketua DPRD Medan Ihwan Ritonga selanjutnya memasuki pasar sekaligus menyapa masyarakat dan pedagang yang tengah melakukan transaksi jual beli. Seluruh masyarakat dan pedagang tampak mengenakan masker. Jika ada yang tidak mengenakan masker, relawan pun lansung cepat mendatangi dan memberikan masker agar tidak tertular  maupun menularkan Covid-19.
Dandim 0201/BS Letkol Inf Agus Setiandar SIP juga mengajak masyarakat dan pedagang harus sama-sama menjaga keselamatan, baik diri pribadi, keluarga maupun orang lain dengan tetap mengikuti protokol kesehatan serta selalu berperilaku hidup sehat.
Sementara itu menurut  Ketua PMI Sumut DR Rahmat Shah, kegiatan Pasar Bebas Covid-19 ini akan dilakukan diseluruh pasar di Kota Medan. Guna mewujudkan keinginan tersebut, PMI Sumut siap membantunya. Dikatakan Rahmat Shah, pemerintah, aparat keamanan baik Polri dan TNI serta PMI terus berupaya mengatasi pandemi Covid-19. Namun itu tidak akan berhasil jika masyarakat tidak peduli.
Kegiatan Pasar Bebas Covid-19 dirangkaikan dengan sosialisasi serta pembagian thermo gun kepada PD Pasar serta masker dan face shield kepada pedagang. Akhyar minta kepada PD Pasar untuk memeriksa suhu tubuh masyarakat maupun pedagang ketika memasuki Pasar Halat. Akhyar optimis jika masyarakat dan pedagang menjalankan protokol.kesehatan, maka Pasar Halat bebas Covid-19 dapat terwujud.(rel)
Komentar Anda

Terkini