-->

Puluhan Rumah di Patumbak dan Biru-biru Rusak Diamuk Puting Beliung

Kamis, 20 Agustus 2020 / 23.14
Rumah warga rusak akibat angin puting beliung.
MEDAN, KLIKMETRO - Kecamatan Patumbak dan Biru-biru Kabupaten Deliserdang dilanda angin puting beliung pada HUT Proklamasi Kemerdekaan RI, Senin 17 Agustus 2020 sekira jam 16.00 Wib.

Di Desa Patumbak I dan Lantasan Baru, Kecamatan Patumbak, sebanyak 35 rumah rusak, mulai dari ringan sampai berat.

Camat Patumbak Danang P Yudha mengatakan, bahwa pihaknya bersama Muspika dan BPBD sudah melakukan pendataan dan membantu warga yang terdampak angin puting beliung.
“Sudah kita data. Muspika dan BPBD sudah turun ke lokasi dan bersama masyarakat melaksanakan gotong royong,” kata Danang kemarin.

“Di Desa Patumbak I ada 9 rumah rusak ringan, 8 rusak sedang dan 1 rusak berat. Untuk Desa Lantasan Baru 17 unit, rusak ringan 13, rusak sedang 3, dan 1 rumah rusak berat.” katanya.

Camat Danang menjelaskan tidak ada korban jiwa maupun luka pasca kejadian puting beliung ini.
“Alhamdulillah, warga kita aman dan tidak ada yang terluka, hanya atap rumah yang terhempas. Saya menghimbau agar masyarakat bila cuaca sudah mendung dan gelap, harus selalu waspada,” tandas Danang.

Sementara itu di Kecamatan Biru-Biru, puting beliung melanda Desa Namo Suro. Sebanyak 4 unit rumah diterpa angin kencang tersebut.

“Akibat angin puting beliung ini, rumah yang rusak saat itu juga diperbaiki oleh pemilik rumah dibantu para tetangga. Tapi ada 1 rumah rusak berat karena tertimpa pohon bacang, hingga hancur,” sebut Camat Biru Biru, Dhani Mulyawan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sedangkan rumah yang mengalami rusak berat adalah milik Dame br Barus (62), warga Dusun 1, Desa Namo Suro Baru. Camat dan kepala desa setempat langsung ke rumah korban membawa bantuan darurat untuk kebutuhan sehari hari berupa beras, gula, mi instan dan telur ayam.

“Dikarenakan sudah malam dan aliran listrik dipadamkan maka untuk bantuan perbaikan dan pembersihan rumah dilakukan esok hari,” kata Dhani. (*/mb)
Komentar Anda

Terkini