-->

Banjir Tebing Tinggi, Menteri PUPR Akan Buat Tanggul Khusus Sungai Padang

Senin, 07 Desember 2020 / 19.54

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono didampingi Walikota Tebing Tinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan meninjau kondisi Sungai Padang, Senin (7/12/2020).

TEBING TINGGI, KLIKMETRO - Menteri Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono berkunjung ke Kota Tebing Tinggi tinjau tanggul yang berada di Sungai Padang Tebingtinggi, Senin (7/12/2020) di Jalan Ikhlas, Kelurahan Tanjung Marulak, Kecamatan Rambutan, Tebingtinggi.

Setibanya Menteri PUPR tiba di Tebingtinggi langsung meninjau Bendung Sei Padang (Bajayu) bersama Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM di Desa Paya Pasir, Kabupaten Sergai.

Kunjungan Menteri PUPR RI ke kota Tebing Tinggi didampingi Deputi Kementerian PUPR dan Kepala BWSS II Maman Noprayamin diterima Wali Kota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM didampingi Sekdako Muhammad Dimiyathi, S.Sos, M.TP Kadis PUPR Tebing Tinggi Hj Rusmiyati Harahap dan Kadis Kominfo Dedi P Siagian.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, akan menangani permasalahan Sungai Padang. "Saya kira aliran Sungai Padang ini dari Siantar. Saya akan tangani, ada beberapa tadi yakni tanggul, drainase-drainase kota yang mengalir ke sungai dan pintu-pintu klep. Pintu klep tersebut fungsinya jika air kering akan terbuka dan jika debit air sungai tinggi maka akan tertutup dan ini akan kita tangani," ujar Menteri PUPR. 

Terkait rencana normalisasi Sungai Padang, Basuki menjelaskan, normalisasi merupakan jangka permanennya. "Sekarang ini kita mengejar di bulan Januari dengan melakukan perbaikan dulu,"ujarnya.

Penanganan tanggul khusus di tikungan Sungai Padang akan dilakukan berbeda dari tanggul yang posisinya lurus di pinggiran Sungai Padang. "Kalau tanggul yang lurus tidak termakan oleh arus, tetapi kalau di tikungan luar pasti ngerus oleh air. Kalau tanggul dibuat sama pasti gak kuat," kata Menteri PUPR.

Banjir yang melanda Kota Tebingtinggi hingga hari ini telah merendam ribuan rumah yang berada di 5 kecamatan. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam kunjungannya juga meninjau banjir yang melanda sejumlah daerah di Kota Medan. 

Kunjungan Menteri PUPR ke Kota Tebing Tinggi mendapat apresiasi dari Wali Kota Tebing Tinggi karena musibah banjir merupakan kondisi yang kerap terjadi di kota itu.

"Terimakasih kami sampaikan kepada bapak Menteri PUPR atas kunjungannya ke kota Tebingtinggi untuk meninjau langsung kondisi tanggul jebol di Sungai Padang ini, semoga dengan kunjungan ini banjir yang selama ini terjadi bisa teratasi dengan baik," kata Walikota. (mar)

Komentar Anda

Terkini