-->

Kakek Terlantar Butuh Bantuan, Dinas Sosial Tak Kunjung Datang

Rabu, 16 Desember 2020 / 19.20

Aparatur Kecamatan Percut Sei Tuan dan Desa Sambirejo Timur membawa seorang kakek yang diduga ditelantarkan keluarganya ke rumah sakit.

DELISERDANG, KLIKMETRO - Dua lelaki tua ditemukan terlantar oleh warga dalam kondisi tampak sakit. Kedua lelaki renta itu saat ini ditangani aparatur Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Rabu (16/12/2020).

Sebelumnya, warga menemukan Imam Siregar (73) dalam kondisi terlantar dan sakit di Desa Sambirejo Timur. Imam lalu dibawa ke Puskesmas Bandar Khalifah. Selanjutnya diantar ke Panti Jompo Propinsi Sumut, Selasa (15/12/2020).

Kasi Kesos Kecamatan Percut Seituan, Harmensyah Lubis SAP membawa kakek terlantar ke Rumah Sakit Bandar Khalifah.

 Sedangkan seorang kakek lagi, Junaidi (60) warga Jalan Gurilla, Kelurahan Sei Kera, Kecamatan Medan  Perjuangan ditemukan sejak 2 minggu lalu di Desa Sambirejo Timur. Kondisinya juga sekarat. Pihak pedesaan lalu membawanya ke Puskesmas Bandar Khalifah. Selama 2 minggu Junaidi dirawat di rumah sakit.

Pihak Kecamatan Percut Sei Tuan telah menghubungi Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang dan Dinas Sosial Kota Medan agar menjemput Kakek Junaidi. Namun hingga saat ini tak ada respon dari dua instansi yang menangani gelandangan dan orang-orang terlantar itu.

Pihak Kecamatan Percut Sei Tuan melalui Kasi Kesos Harmensyah Lubis SAP mengatakan, didorong rasa kemanusiaan melihat orang terlantar dengan kondisinya yang sakit, mereka pun berupaya menolong dengan membawa berobat ke rumah sakit setempat.

"Di Bulan Desember ini, ada 2 kakek yang terlantar atau ditelantarkan keluarganya kami bawa ke rumah sakit. Satu orang sudah dibawa ke panti jompo, sedangkan seorang lagi belum dijemput oleh pihak dinsos. Sudah 2 minggu kami laporkan ke Dinsos Deliserdang dan Kota Medan, tapi belum direspon,"ujar Harmensyah Lubis mewakili Camat Percut Drs Khairul Azman MAP.

Sementara Kades Sambirejo Timur Joko Susilo kepada wartawan mengatakan, pihaknya mendapat informasi adanya orang terlantar, lalu meneruskan ke kecamatan agar segera dikordinasikan ke Dinas Sosial. 

"Kami berharap keluarga dari kakek terlantar ini nantinya mau merawat dan menjemputnya dari pantai jompo,"kata Kades Joko Susilo didampingi Kepala Dusun Arifin. (lubis) 

Komentar Anda

Terkini