-->

PT Taspen Sosialisasikan Program Top Up THT kepada Pemprov Sumut

Senin, 15 Februari 2021 / 22.24

Sekda Provsu R Sabrina bersama pimpinan OPD mendengarkan paparan PT Taspen terkait sosialisasi program Top Up THT.

MEDAN, KLIKMETRO.COM – PT Taspen (Persero) menyosialisasikan program Top Up Tunjangan Hari Tua (THT), Senin (15/2/2021), di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan. Sosialisasi tersebut diikuti Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) R Sabrina dan para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut.

Sekdaprov Sumut Sabrina mengapresiasi program Top Up THT dari PT Taspen tersebut. Menurutnya, program ini dapat diikuti seluruh pegawai negeri sipil (PNS) aktif, sehingga nantinya dapat meningkatkan jumlah THT yang diterima ketika sudah pension.

Sosialisasi tentang program Top Up THT PT Taspen ini, katanya, sangat penting, karena terkait langsung dengan keberadaan para PNS, yang pada akhirnya nanti akan memasuki masa pensiun. Apa saja fasilitas yang akan diperoleh dari program Taspen hendaknya juga diketahui jauh-jauh hari.

“Untuk itu saya menilai kegiatan sosialisasi ini mempunyai manfaat besar bagi kita semua selaku ASN,” ujar Sabrina.

Untuk memaksimalkan sosialisasi ini, Sabrina berharap, program Top Up THT PT TASPEN bisa diteruskan di lingkungan OPD Pemprov Sumut .

Deputy Manager Taspen Medan Suwartono dalam paparannya menyampaikan, Taspen di Wilayah Sumut memiliki 3 Cabang yakni Medan, Pematangsiantar,  dan Gunungsitoli. Saat ini PT Taspen Cabang Medan mengelola 224.361 PNS dan Non-PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut sesuai PP No. 49 Tahun 2012.

Dijelaskan juga, PT  Taspen saat ini diberi kepercayaan kepada negara untuk mengelola 4 program  antara lain Program Tabungan Hari Tua (THT) dengan iuran 3,25% dari penghasilan pokok pegawai negeri setiap bulannya, program pensiun sebesar 4,75%, program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebesar 0,24%, dan untuk program Jaminan Kematian (JKM) sebesar 0,72%.

Selain 4 program tersebut, PT Taspen juga menawarkan satu program andalan untuk meningkatkan kesejahteraan ASN dan pejabat negara dengan manfaat Top Up THT melalui program Taspen Save. ”Program ini sangat bermanfaat bagi para ASN yang masa pensiunnya masih panjang,” ujarnya.

Taspen Save merupakan produk asuransi yang sifat kepesertaannya sukarela dari individu ASN dan dirancang khusus untuk ASN. Taspen Save menjadi tabungan pendamping THT Taspen karena pencairannya diterima bersamaan ketika ASN memasuki masa pensiun tanpa pengajuan berkas lagi ke Taspen Life. Cukup klaim Pensiun dan THT di Taspen, maka secara otomatis manfaat Taspen Save juga akan diterima.

Program Top Up telah diikuti oleh 100 ASN  di wilayah Sumut yakni ASN di lingkungan Pemkab Sergai, Langkat, Tebingtinggi, dan Kota Medan. Untuk mengikuti program Top Up THT Taspen Save melalui auto debet dengan membayar premi Rp100.000 hingga Rp2.000.000.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Irman Oemar yang hadir dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi atas sosialisasi yang disampaikan PT Taspen. “Terima kasih atas sosialisasi program baru dari PT TASPEN dalam meningkatkan manfaat kepesertaan bagi ASN, sehingga perlu disosialisasikan manfaat program asuransi yang dikelola oleh BUMN ini,” ujarnya.(rel/mar)

Komentar Anda

Terkini