-->

Tidak Hanya Image Positif, Pemko Medan Ingin Kampung Sejahtera Jadi Benefit

Selasa, 09 Februari 2021 / 18.47

Pemko Medan gelar aksi bersih Sungai Babura.

MEDAN, KLIKMETRO.COM - 
Pelaksana tugas Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kepala Badan Penanggulangan  Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan Arjuna Sembiring sangat mendukung dan mengapresiasi digelarnya Aksi Bersih Sungai Babura dan Coba Jalur Arung Wisata yang digagas Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS) dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Selasa (9/2/2021). 

Selain sosialisasi sekaligus edukasi agar masyarakat senantiasa menjaga kebersihan sungai, kegiatan ini diharapkan menjadikan sungai sebagai salah satu alternatif akomodasi dan transportasi masyarakat.

Aksi bersih dan jalur arung sungai dimulai dari Taman Beringin Jalan Sudirman Medan. Dengan menggunakan 7 perahut karet,  puluhan peserta mulai melakukan penyusuran Sungai Babura. Dalam penyusuran tersebut, mereka pun selanjutnya membersihkan bantaran maupun jalur sungai yang dilalui dari sampah. Aksi ini berakhir di bantaran  Sungai Babura, persis di belakang Cambridge Jalan KH Zainul Arifin, tepatnya Kampung Sejahtera.

 

“Pemko Medan sangat mengapresiasi digelarnya kegiatan ini. Selain aksi bersih-bersih, kegiatan ini kita nilai sebagai motor memanfaatkan bantaran sungai menjadi aktifitas ekonomi. Termasuk, upaya menjadikan sungai sebagai akomodasi dan transportasi masyarakat. Terus terang kegiatan ini sangat baik sekali,” kata Arjuna.

 

Oleh karenanya Arjuna berharap agar kegiatan yang juga didukung penuh Vertical Rescue Indonesia ( VRI) Regional Sumatera, Khadijah Sharaswaty Indonesia, Sekolah Az-Zakiyah Islamic Leadership dan Sumatra Tropical Forest Jurnalism (STFJ) rutin dilakukan. Dengan seringnya melintas sungai ini, jelas Arjuna, berarti ikut merawat dan menjaga kebersihan, tingkat keasrian sekaligus penghijauan bantaran sungai.

 

Di samping itu tambah Arjuna lagi, kegiatan tersebut juga dinilainya dapat mendukung upaya untuk merubah image Kampung Sejahtera yang selama ini negatif menjadi semakin positif. “Dengan banyaknya kegiatan yang telah di lakukan di kawasan ini, saya melihat image Kampung Sejahtera saat ini sudah sangat positif. Dengan kebersamaan yangh kita bangun, insya Allah image Kampung Sejahtera tidak hanya positif saja tapi kita upayakan menjadi benefit bagi warganya,” harapnya.

 

Terkait itu, imbuh Arjuna, Pemko Medan siap mendukung untuk mewujudkannya. Apabila ada yang bisa difasilitasi, tegasnya, Pemko Medan siap membantunya. Dicontohkannya, Pemko Medan melalui BPBD Kota Medan siap kerjasama untuk membantu pemberian perahu karetnya. “Kami siap mendukung Kampung Sejahtera asalkan warga sekitar juga mau bersama-sama mewujudkannya sehingga kampung ini menjadi benefit,” ungkapnya.

 

Sementara itu menurut Ketua PFI Medan Rahmad didampingi Ketua P3KS Rasyid menjelaskan, kegiatan yang digelar ini merupakan kampanye pentingnya menjaga kebersihan sungai guna mengurangi resiko banjir, mempertahankan kelestarian habitat sungai dan dapat menjadi sarana rekreasi. Karena sungai yang bersih dan asri dapat dijadikan tujuan wisata yang murah meriah. Banyak aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan di sungai seperti naik perahu, memancing, atau sekedar bermain air. “Rekreasi sungai ini dapat menambah pendapatan orang-orang yang hidup di sekitar lokasi, serta menambah tujuan wisata  murah yang makin terbatas di Kota Medan,” terang Rahmad.(mar)

Komentar Anda

Terkini