-->

Banjir Rob Kembali Landa Belawan, 2 Kelurahan Tergenang

Rabu, 31 Maret 2021 / 12.45

Banjir rob melanda kawasan Belawan mengakibatkan aktifitas warga terganggu.

BELAWAN, KLIKMETRO. COM - Sekitar 3 jam lebih kegiatan aktifitas masyarakat Belawan  terhenti. Pasalnya air laut Pasang Rob datang lagi sehingga daerah dataran rendah digenangi air laut naik ke daratan.

Sebanyak 6 kelurahan di kecamatan Belawan  sudah 2 hari ini, sejak Selasa (30/03/2021) mulai pukul 14 siang air laut  sudah mulai naik ke pemukiman warga dan jalan Raya. Sekitar 3 jam lebih aktifitas warga terhenti.

Seperti Kelurahan Bahagia atau yang dikenal pajak baru bagaikan  lautan atau sungai. Begitu juga Kelurahan Sicanang Jalan PLTU bagai sungai.

Disebutkan warga Parulian Pakpahan (56), air pasang Rob ini sudah jadi musiman, kalau dulu sekitar tahun 1980 an dan 1990  an tak pernah namanya terdengar Pasang Rob, kecuali pasang Perdani, dan itupun tidak naik ke jalan Raya.

Menurutnya lagi, "air pasang Rob ini naik diduga ada hubungannya dengan tertutupnya anak anak sungai yang ada di Paloh - Paloh disekitar perairan Belawan. Begitu juga pohon - pohon manggrove sudah banyak yang ditebangi oleh  orang yang tidak bertanggung", ucap Parulian Pakpahan.

Demikian juga menurut Sinambela yang kesehariannya sebagai tukang ojek di singkong.

"Kalau sudah begini air pasang mana ada lagi sewa penumpang. Dulu sebelumnya tidak begini airnya tidak sampai setinggi ini sampai ke daratan, mau mengadu sama siapa kami ini, sejak ditimbunnya laut dan laut sudah lama tidak dikeruk jadi tolonglah kami diperhatikan," pintanya. (sitinjak)
Komentar Anda

Terkini